Advetorial Bolsel

Agus Harimurti Yudhoyono Tinjau Lokasi Relokasi Pengungsi Bencana Gunung Ruang, Iskandar Kamaru : Status Lahan  Clean and Clear

BOLSEL, TAGAR-NEWS.com – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt., M.Si dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid mendampingi Menteri ATR/BPN RI, Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.AP.

Kedatangan Agus Harimurti Yudhoyono dalam rangka peninjauan persiapan lahan untuk relokasi pengungsi terdampak bencana Gunung Ruang Kabupaten Sitaro, di Bolsel. Minggu, 5 Mei 2024.

Pemerintah Provinsi Sulawasi Utara (Sulut) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolsel telah menyiapkan lahan seluas 10 hektar yang berlokasi di Desa Modisi, Kecamatan Pinolosian Timur, Kabupaten Bolsel untuk nantinya akan dijadikan sebagai tempat relokasi pengungsian Bencana Gunung Ruang.

Dalam kunjungan ini Bupati Bolsel memastikan bahwa status lahan ini clean and clear untuk dijadikan sebagai tempat relokasi.

“Selain itu, kondisi geografis lahan yang berada diantara pegunungan dan pesisir pantai menyerupai dengan daerah asal para pengungsi sebelumnya”, terang Bupati Bolsel.

Sambunya, palagi kita ketahui bahwa sebagian besar penduduk berprofesi sebagai petani dan nelayan, serta masyarakat yang ada disekitaran lahan juga sebagian besar merupakan suku Nusa Utara, jadi secara umum ini bisa di bilang cocok untuk dijadikan tempat relokasi bagi saudara-saudara kita yang terdampak musibah gunung Ruang.

Pada intinya ini adalah rasa persaudaraan dan kemanusiaan sehinga dengan besar hati kami bangga bisa menjadi solusi buat saudara kita yang lagi ada musiba”, ujar Iskandar.

Di saat yang sama, setelah Menteri ATR/BPN melihat langsung kondisi lahan dan tatap muka dengan masyarakat setempat, Ia menyampaikan beberapa hal, antara lain adalah, bahwa kesiapan lahan pada intinya siap dan masyarakat yang ada juga bisa menerima.

“Untuk itu kami akan segera menindaklanjuti, dengan segera melakukan koordinasi lintas kementerian lembaga dan melaporkan hal ini kepada presiden”, terang Agus.

Lanjutnya, Semoga dalam waktu dekat bisa segera digunakan lahan relokasi.

Hadir mendampingi Menteri ATR/BPN, Kakanwil ATR/BPN Sulut Alexander Wowiling, Stafsus Menteri Bid. Kerjasama Antar Lembaga, Kakantah Bolsel, dan Rombongan. Dan hadir bersama Bupati Sekda Bolsel Bpk. Marzanzius Arvan Ohy, S.STP,. M.AP para Asisten dan Pimpinan SKPD terkait.

ADVERTORIAL