Advetorial Bolsel Sulut

Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid buka Workshop Aplikasi Srikandi

BOLSEL, TAGAR-NEWS.com – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid, membuka kegiatan Workshop Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), Selasa 30 Januari 2024.

Kegiatan itu dirangkaikan dengan Magang Tata Kelola Arsip Dinamis yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Manado.

Wabup Deddy mengatakan, Aplikasi Srikandi merupakan aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Srikandi juga dapat memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip secara elektronik dan terintegrasi serta terekam pada pusat data nasional.

“Aplikasi ini sudah tidak menggunakan kertas, tanda tangan sudah secara elektronik, bisa diakses online dan akan meningkatkan indeks kearsipan di masing-masing instansi,” katanya.

Lanjutnya berharap, dengan adanya aplikasi ini mampu meningkatkan pemahaman kapasitas dan ketrampilan ASN pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Wabup Deddy pun menginstruksikan seluruh pimpinan PD, Camat, Kepala Puskemas, Sangadi dan aparatur desa agar segera menggunakan aplikasi Srikandi di instansi masing-masing.

Kemudian, kepada Kadis Perpustakaan dan Kearsipan bersama pejabat terkait selaku lembaga kearsipan daerah agar mengawal dan mendampingi untuk memastikan integrasi aplikasi tersebut berjalan dengan baik.

“Saya minta semua peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Pelajari betul tata kelola arsip, sehingga ketika workshop ini rampung bersama dengan kegiatan magang tata kelola arsip dinamis yang akan dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulut, semua pengelola arsip yang tergabung dalam tim kearsipan daerah sudah mampu mengelola arsip,” tegas Deddy.

“Terpenting yang diharapkan adalah tidak akan ada lagi arsip yang menumpuk di masing-masing instansi. Semua arsip harus dikelola dan ditata sehingga menghasilkan daftar arsip,” imbuhnya.

ADVERTORIAL