Artikel Pendidikan Sulut

SMK Fajar Moyongkota dan SMK Kesehatan Bulawan Moyag Gelar Pelepasan-Penarikan Siswa Prakerin

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.com – SMK Fajar Moyongkota dan SMK Kesehatan Bulawan Moyag menggelar pelepasan dan penarikan siswa praktek kerja industri (prakerin).

Kegiatan yang dihelat pada Jumat 27 Januari 2023 lalu tersebut bertempat di SMK Fajar Moyongkota.

Diketahui siswa SMK Fajar moyongkota dan SMK kesehatan bulawan Moyag yang mengikuti pelepasan untuk kelas kelas XI dan penarikan untuk kelas XII.

Dikatakan Kepala SMK Fajar Moyongkota Haryanto Mamonto Amd Kep, mengatakan Prakerin atau Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang dilakukan di dunia usaha atau dunia industri yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai dengan jurusan keahliannya. 

“saya berharap di prakerin ini  lulusan yang ada di 2 sekolah akan menjadi lulusan yang mempunyai kemampuan untuk bersaing didunia kerja. Karna di sekolah selama pembekalan prakerin telah melakukan praktik yang kurang lebih 2 minggu, dan itu bekal mereka nanti didunia industri)sebentar nanti,” ucapnya 

Sementara itu Kepala SMK Kesehatan Bulawan Moyag Kotamobagu Sandi Pobela S.Pd menyebut bahwa Prakerin merupakan praktek yang turun lansung di dudi (dunia industri) yang nantinya siswa akan belajar dan mengikuti program yang ada di dudi tersebut.

“Saya berharap di dudi nanti akan menjadi tambahan pengetahuan bagi siswa,siswi di 2 sekolah ini, agar sebentar lulus nanti bisa lansung eksen dan exist dalam dunia kerja. Dan yang paling utama yaitu kedisiplinan kerja. Karena sebelum prakerin dalam pembekalan dibubuhi dengan beberapa materi yg menyangkut disiplin, etika, sopan santun serta cara berkomunikasi dengan baik,” harapnya***

 

Editor: Helmi