Hukum & Kriminal

Arahan Presiden Joko Widodo kepada Seluruh Forkopimda Provinsi dan Kab/Kota

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.com – Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid SIK bersama wali kota kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dan Dandim 1303/BM diwakili oleh Kasdim Mayoh Arh. Achmad Djanis, mengikuti arahan Presiden RI kepada seluruh Forkopimda Provinsi dan Kab/Kota secara Virtual (Zoom Meeting). Senin 7 Februari 2022.

Kegiatan Arahan tersebut dipimpin Presiden Ir. H. Joko Widodo dan hadiri para Menteri / Pejabat Setingkat Menteri serta dikuti secara Virtual oleh seluruh Gubernur, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam), Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda), Para Walikota / Bupati dan Para pejabat lainnya.

Dalam arahannya, presiden menyampaikan 10 point penting, yakni:

a. Pandemi belum sepenuhnya berakhir, sehingga perlu penanganan yang serius untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19 varian Omicron.

b. Kasus Covid 19 varian Omicron 93 % ada di jawa dan Bali dimana kematian masih sangat rendah namun tetap harus hati – hati dan waspada.

c. Semua harus siap, manjemen Detail harus disiapkan, jangan sampai Omicron datang RS belum siap, Oksigen, obat – obatan belum disiap sehingga Para Gubernur, Walikota dan Bupati segera menyiapkan semuanya untuk menghadapi gelombang ke Tiga Covid 19 varian Omicron.

d. RS hanya diperuntukan untuk orang positif yang bergejala sedang, berat dan kritis sehingga manajemen harus disiapkan tidak semuanya yang postif Covid 19 masuk di Rumah Sakit.

e. Vaksin menjadi kunci untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19 Varian Omicron sehingga capaian vaksinasi harus segera ditingkatkan.

f. Gubernur, Walikota dan Bupati harus melihat dimana Kab/Kota yang capaian vaksin belum mencapai 70% yang utama lansia agar dipercepat divaksinasi.

g. Kunci dari Penanganan Omicron ada 2 yaitu Vaksinasi di Percepat dan penerapan Prokes menggunakan masker harus diperketat.

h.Dandim, Kapolres, Danrem, Pangdam dan Kapolda agar membantu percepatan Vaksinasi Dosis 1 dan 2 untuk mengantisipasi peningkatan penyebaran Covid 19.

i. Menteri Kesehatan agar segera menyiapkan Rumah Sakit, oksigen, obat – obatan untuk antisipasi penyebaran Covid 19 gelombang ke tiga

j. Penekanan Arahan Presiden dalam Penanganan Covid 19 ada 2 yaitu :

– Percepatan Vaksinasi
– Peningkatan Protokol Kesehatan dalam penggunaan Masker.

Dihadapan presiden, diberikan kesempatan kepada 5 Forkopimda untuk menjelaskan kondisi pelaksanaan Vaksinasi dan penanganan pasien terkonfirmasi Positif 19 varian baru Omicron yaitu Gubernur DKI Jakarta, Wakil Gubernur Maluku, Bupati Kab. Kalimantan Selatan, Walikota Pasuruan dan Plt Walikota Bekasi.***

 

 

Editor: Helmi