Bolsel

Paripurna LKPJ Tahun Anggaran 2023, DPRD Bolsel Memberikan Persetujuan

BOLSEL, Tagar-News.com – DPRD gelar paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2023.

Acara tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Bolsel Ir. Arifin Olii dan dihadiri oleh Bupati Bolsel, H. Iskandar Kamaru SPt, MSi, Sabtu 30 Maret 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Bolsel Ir. Arifin Olii menyoroti pencapaian Pemerintah Daerah Bolsel dalam LKPJ Tahun Anggaran 2023.

Ia menekankan, pentingnya meningkatkan kemitraan yang harmonis serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagai fokus utama.

Selanjutnya, Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru menyampaikan, terdapat pencapaian yang signifikan. Menurutnya, masih diperlukan komitmen dan kerjasama dari berbagai pihak, terutama pemerintah pusat, untuk meningkatkan sumber PAD.

“Upaya tersebut mencakup peningkatan pendapatan pajak dan retribusi daerah serta pengelolaan kekayaan daerah yang lebih optimal,” ujar Iskandar Kamaru.

Iskandar juga menyoroti pentingnya kolaborasi dalam mengoptimalkan sumber PAD.

“Kita harus ada dan mampu menggali potensi dari sumber lainnya, termasuk peran masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)”, Ujar Bupati Iskandar.

Tak lupa Bupati Iskandar memaparkan beberapa prestasi dan kemajuan signifikan Pemda Bolsel pada tahun 2023, antara lain realisasi PAD yang melebihi target, pengelolaan belanja daerah yang memuaskan, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), serta pertumbuhan ekonomi yang positif.

Meskipun terdapat peningkatan angka kemiskinan, namun angka pengangguran mengalami penurunan yang signifikan.

“Pertumbuhan ekonomi Bolsel didorong oleh sektor jasa dan perdagangan, dengan PDRB perkapita yang terus meningkat dari tahun ke tahun, meskipun ketimpangan pendapatan masih menjadi tantangan”, ucap Iskandar.

Bupati menegaskan bahwa capaian tersebut menjadi landasan untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bolsel. Kolaborasi, kontribusi, dan kemitraan yang harmonis diharapkan akan menjadi pondasi dalam mewujudkan berbagai harapan dan keinginan rakyat.

Diketahui, sidang paripurna tersebut mendapat persetujuan dari seluruh fraksi di DPRD Kabupaten Bolsel untuk melanjutkan pembahasan LKPJ Pemda Kabupaten Bolsel Tahun Anggaran 2023 ke tahap selanjutnya.

ADVERTORIAL