Artikel Hukum & Kriminal Sulut

Kejari Kotamobagu Periksa Puluhan Petugas Agama Bolmong, Penetapan TSK Tunggu Hasil Audit 

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.com – Kejaksaan Negeri Kotamobagu melalui bidang pidana khusus terus mengintensifkan pengusutan kasus dugaan korupsi Pembayaran Honor Petugas agama Kabupaten Bolaang Mongondow pada tahun 2021.

Sejumlah pihak pun telah diperiksa dalam kasus tersebut diantaranya Kabag Kesra dan Bendahara di kantor Kesra Kab. Bolmong.

Tak sampai disitu saja, tim penyidik pada bidang pidana khusus belum lama ini telah melakukan penggeledahan di dua tempat sekaligus yakni di kantor Kesra dan Dinas Keuangan Daerah (DKD) untuk mengumpulkan sejumlah bukti. Diketahui dalam penggeledahan tersebut dua box berisikan dokumen disita.

Pasca penggeledahan Kejari Kotamobagu kembali memanggil petugas agama di wilayah Bolmong untuk diminta keterangan sebagai saksi.

“Pada proses penyidikan saat ini yang diperiksa adalah petugas agama. Mereka diperiksa sebagai saksi,” ujar Kepala seksi pidana khusus (kasi pidsus) Chairul A. Mokoginta SH, Kamis 07 September 2023.

“Pada hari ini yang diperiksa petugas agama berasal dari wilayah Dumoga,” sambung Kasi Pidsus.

Ia melanjutkan bahwa dalam penyidikan kasus ini pihaknya telah memeriksa puluhan orang sebagai saksi dan tidak menutup kemungkinan akan kembali memanggil lagi pihak-pihak untuk diminta keterangan sebagai saksi.

“Yang jelas untuk pemanggilan selanjutnya bergantung pada hasil evaluasi berdasarkan keterangan para saksi yang telah diperiksa sebelumnya. Untuk penetapan tersangkanya masih menunggu hasil audit Inspektorat dalam hal ini untuk kerugian negaranya,” jelas Kasi Pidsus.

 

Penulis: Helmi