Artikel Hukum & Kriminal Sulut

Nelayan Asal Philipina Ditemukan Terdampar di Perairan Nanusa, Kep Talaud

KEP. TALAUD, TAGAR-NEWS.com – Rapat koordinasi di gelar Kantor Imigrasi Kepulauan Talaud, Sulawesi utara. Selasa 21 Februari 2023, bertempat di Kenshō Coffee & Resto, Kecamatan Melonguane.

Rakor yang dilaksanakan bersama instansi terkait tersebut berkaitan dengan perihal penanganan satu orang asing diduga berkebangsaan Philipina yang terdampar di wilayah perairan kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Rapat koordinasi tersebut dipimpin
Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna Wawan A. Mido, mewakili Kepala kantor Imigrasi kelas II TPI Tahuna, yang dihadiri Pasi Intel Kodim 1312/Talaud, Dan Sub Unit Intel Lanal Melonguane, Pasi Ops Unit Intel Lanal Melonguane, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Kepl. Talaud, Kasi Intelijen Kejari Kep Talaud,
Kasubsi Intelijen A Kejari Kep. Talaud, Dantim BAIS TNI dan Anggota BAIS TNI, Kabid Bidang Kesbangpol, Pengelola Data Kesbangpol, Dukcapil, Koordinator Wilayah BIN Kab. Kep. Talaud, dan Perwakilan Kantor Bea dan Cukai Lirung.

Kepala kantor Imigrasi Kep. Tahuna, Novly T.N. Momongan yang juga selaku ketua Timpora, melalui Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Wawan A. Mido, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas sinergitas dari Instansi terkait yang tergabung dalam anggota Timpora Kabupaten Kepulauan Talaud dalam hal penanganan 1 (satu) Orang Asing terduga berkebangsaan Filipina yang ditemukan terdampar di Perairan Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Ia mengungkapkan orang asing itu terhadap satu orang asing tersebut rencananya akan dilakukan serah terima di Melonguane.

“Namun dikarenakan terjadi perubahan, orang asing itu akhirnya dilakukan serah terima oleh Kepolisian Sektor Kecamatan Nanusa kepada petugas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna di Pulau Karatung,” ungkap Momongan.

Diketahui satu orang asing yang ditemukan terdampar tersebut yakni seorang nelayan bernama Jose Seguerro umur 52 tahun  beralamatkan di New Bohol, Calumpang, Philipina.***

Editor: Helmi