Artikel Hukum & Kriminal Sulut

Sosialisasi Tentang Pelayanan Keimigrasian, Imigrasi Kep. Talaud Perkenalkan Inovasi Layanan Eazy Passport

KEP. TALAUD, TAGAR-NEWS.com – Sosialisasi Tentang Pelayanan Keimigrasian digelar Kantor Imigrasi Kepulauan Tahuna bertempat di Aula Penginapan Kanaan, Rabu 22 Februari 2023.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna Novly T. N. Momongan, menyampaikan sebagai Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian yang sebagian besar wilayah kerjanya harus melewati lautan, tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pihaknya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Menurutnya dengan diadakannya sosialisasi ini selain dapat berbagi tentang layanan Keimigrasian juga mampu mempererat dan memperkuat hubungan kerjasama antara Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna dengan Pemerintah Kab. Kepl. Talaud.

“Dalam upaya peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat dan inovasi pelayanan publik di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi serta sebagai langkah progresif dalam peningkatan jumlah penerbitan paspor kami mempunyai Inovasi Layanan Eazy Passport, yaitu pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar Kantor Imigrasi dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobile layanan paspor keliling dan/atau mobile unit Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI),” sebut Momongan.

Ia menyebutkan adapun layanan ini sementara diselenggarakan di Dinas Kominfotik Kepl. Talaud.

Maka, dengan adanya Inovasi Layanan Eazy Passport ini Masyarakat Kepl. Talaud yang biasanya harus pergi ke Manado untuk mendapatkan layanan Keimigrasian dan harus mengeluarkan biaya lebih saat ini lebih dimudahkan hadirnya inovasi tersebut.

“Dengan adanya Layanan Eazy Passport memberikan kemudahan bagi masyarakat kepulauan Talaud,” ungkap Momongan.

Ia berharap juga adanya kegiatan sosialisasi layanan keimigrasian dapat memudahkan masyarakat mendapatkan akses layanan keimigrasian.

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi Umum, Gustaf Atang S.T.P.,M.M saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasihnya dan apresiasi terhadap Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna atas kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan.

Dikatakannya bahwa saat ini Pemerintah tengah fokus pada Pelayanan Publik Berbasis Teknologi yang mempermudah masyarakat dan mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Saat ini kita bisa merasakan Pelayanan yang telah dilakukan oleh Imigrasi Tahuna dimana salah satu layanan yang merupakan Inovasi untuk memudahkan masyarakat Kab. Kepl. Talaud yaitu Eazy Passport sangat bermanfaat dalam pembuatan Paspor,” tandasnya.

Hadir pada kegiatan ini Pengadilan Negeri Melonguane, Kejaksaan Negeri Kab. Kepl Talaud, Perwakilan Pimpinan lnstansi Vertikal dan Pimpinan BUMN/BUMD Kab. Kepulauan Talaud.***

 

Editor: Helmi