Sulteng

Sigi Belum Punya PDAM, Misfar Larengi Sampaikan Harapannya

SIGI, TAGAR-NEWS.COM – Belum terbentuknya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Sigi disuarakan salah satu tokoh masyarakat Biromaru Misfar Larengi.

Menurutnya apabila PDAM Sigi dapat terwujud rencana kedepan untuk pengembangannya berada 5 wilayah Ibu Kota Kecamatan yakni, 1 Biromaru, 2 Sigi kota, Palolo, Dolo, Kulawi dan marawola.

“Ini menjadi bahan pembanding kami untuk daerah yang ada di sulawesi tengah (sulteng) seperti Kabupaten Touna, Bangkep, Banggai Laut (Balut) yang mana semuanya sudah memiliki PDAM sendiri,” kata karyawan senior di PDAM Donggala ini.

Misfar yang juga salah satu penggagas pembentukan PDAM Sigi, saat berdialog dengan Tagar-news.com, Jumat 31 Desember 2021 mengungkapkan keinginan pembentukan PDAM sudah pernah diusulkan sejak 2019, namun sampai saat ini belum ada realisasinya.

“Bahkan sampai sekarang ini belum pernah di bahas sama sekali,” ucap Misfar

Padahal jika dilihat jumlah pelanggan PDAM Donggala yang ada di wilayah Sigi, seperti di Tinggede, Baliase, Marawola dan Biromaru, yang mana jumlah pelanggannya khusus di wilayah Sigi ada sekitar 5000an, dengan sumber air yang ada berjumlah 6 titik, berupa air sungai dan Pompa.

“Kami menaruh harapan yang besar kepada pemerintah Sigi dengan adanya PDAM, bisa memberikan peluang kerja bagi para Pemuda dan Pemudi di Sigi dan juga pemasukan PAD bagi daerah,” tandas Misfar

 

WAN