Sulut

Kemenpan-RB Beri Apresiasi SAKIP Kabupaten Bolaang Mongondow

BOLMONG, TAGAR-NEWS.COM – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), memberikan apresiasi atas progress yang sangat positif dari SAKIP dan RB Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2020.

Hal itu terungkap dari hasil rapat evaluasi SAKIP dan reformasi birokrasi (RB) antara Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dengan tim Assessor dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi RI.

Bertempat di Kantor Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow, Tahlis Gallang SIP MM, memaparkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP) tahun 2020.

“SAKIP berisi tentang tujuan dan sasaran RPJMD yang berisi indikator kinerja serta sasaran dan indikator kinerja utama sebagai implementasi dari Misi Kabupaten untuk mencapai Visi Bolaang Mongondow Hebat,” kata Tahlis.

“Tahun 2020 adalah tahun ketiga dan tahun momentum untuk merefleksikan pelaksanaan pembangunan daerah yang mendasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow 2017-2022 dengan Tema pembangunan tahun 2020 adalah : ‘Peningkatan Sarana-Prasarana Pelayanan Dasar dan Infrastruktur Perekonomian Berskala Perdesaan yang Berorientasi Pada Potensi Unggulan Lokal’ ,” sambungnya.

Lanjutnya, dari sisi akuntabilitas kinerja, capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow pada tahun 2020, baik sekali.

Hal ini dapat digambarkan dengan dilaksanakannya 15 indikator sasaran sebagai indikator kinerja utama, yang telah ditetapkan sesuai RPJMD Tahun 2018-2022.

“Hasil analisis pencapaian indikator tujuan, indikator sasaran terhadap 9 sasaran yang mencakup 15 indikator kinerja utama, diketahui bahwa 7 indikator sasaran baik sekali, 4 indikator sasaran kurang, 4 indikator sasaran nilai belum keluar. Rata-rata realisasi capaian kinerja mencapai 100% atau bermakna baik sekali,” jelasnya.

“Dalam Perubahan RPJMD, pemerintah telah berupaya menyempurnakan ketepatan indikator kinerja yang spesifik, terukur, relevan, sehingga mampu untuk mengukur keberhasilan/kegagalan pencapaian kinerja daerah serta mampu mendorong efektifitas pencapaian kinerja dan menekan potensi inefisiensi penggunaan anggaran,” tambahnya.

Assesor Kemenpan-RB, Arief Tri Haryanto dan Paul Rahakbaw dalam kesempatannya memberikan apresiasi atas progres yang sangat positif dari SAKIP dan RB Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2020.

“Diharapkan Kabupaten Bolaang Mongondow, bisa mendapat predikat yang lebih baik dari tahun sebelumnya, serta dapat membuktikan bahwa kinerja pemerintah semakin baik, terarah, dan terencana sesuai dengan visi dan misi kabupaten Bolaang Mongondow,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat virtual bersama Sekretaris Daerah, Asisten II Sekda, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas a Sosial, Kepala Dinas Pertanian, Direktur Rumah Sakit, kepala Bagian Organisasi sedangkan Kepala OPD Lainnya hadir secara virtual dalam zoom meeting.

 

DIX