Sulteng

Pemkab Sigi Gratiskan Rapid Tes Bagi Warganya

SIGI, TAGAR-NEWS.COM – Bupati Mohamad Irwan menyatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi menggratiskan rapid tes bagi seluruh warga ber-KTP/domisili di Kabupaten Sigi.

“Mulai hari ini akan dibuka pos pelayanan rapid tes antigen gratis di posko covid-19 Kabupaten, atau tepatnya di Klinik Gusdur di Desa Tulo, Kecamatan Dolo,” ujarnya Kamis 9 September 2021

Untuk ketersediaan rapid tes antigen, Kata Bupati, selain berasal dari Dinas Kesehatan, kita juga banyak di bantu BPBD Provinsi.

Sebelumnya, dalam rangka peningkatan upaya Testing dan Tracing sebagai bagian proses penyelidikan epidemiologi dan pelacakan kontak untuk memutus mata rantai penularan COVID-19, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, menetapkan penggunaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen, sebagai salah satu metode dalam pelacakan kontak, penegakan diagnosis dan skrining COVID-19 dalam kondisi tertentu.

Hal ini juga tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/446/2021 tentang Penggunaan Rapid Diagnostic Test Antigen dalam Pemeriksaan COVID-19.

Menurut Bupati, langkah ini di ambil sebagai upaya bersama dalam rangka peningkatan Testing dan Traching, bagian proses pelacakan kontak untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Sekali lagi kami katakan bahwa tes ini di berlakukan gratis bagi seluruh warga Sigi, cukup dengan membawa KTP Sigi, rapid tes gratis ini juga berlaku bagi ASN, TNI/Polri, Karyawan Swasta yang bekerja di Sigi,” Jelasnya

Bupati berharap, segala upaya yang dilakukan mulai dari penerapan protokol kesehatan, pemberlakuan jam malam, percepatan vaksinasi hingga peningkatan upaya 3T (testing, tracing dan treatment) diseluruh wilayah Kabupaten Sigi, mampu menekan angka kasus konfirmasi covid-19 di wilayah Kabupaten Sigi.

 

***/WAN