Artikel Kotamobagu Sulut

Kotamobagu Targetkan PAD Tahun Ini Rp. 120 Milliar

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.com – Pemerintah Kota Kotamobagu optimis target Pendapatan Asli daerah (PAD) pada Tahun 2024 dapat dicapai.

Dimana pada 2024 ini untuk PAD ditargetkan sebesar Rp. 120 Milliar. Jumlah yang menjadi Target ini diketahui melebihi tahun sebelumnya yakni sebesar Rp. 98 milliar.

“Tahun ini kita targetkan untuk PAD Rp. 120 milliar,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Kotamobagu Pra Sugiarto Yunus kepada awak media, Senin 01 April 2024

“Iya, itu sudah termasuk PAD RSUD Kotamobagu,” ucap Sugiarto.

Ia menyebut sekitar Rp75 milliar itu berasal dari RSUD. Selain itu untuk lainnya diperoleh dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lainnya.

Diakui Sugiarto memang tahun ini ada keterlambatan karena harus menunggu penetapan peraturan daerah (perda), baru pada Januari ditetapkan. Selain itu adanya perubahan Perda di tahun ini, menyebabkan tidak adanya pemasukan PAD pada Januari 2024.

“Sedia targetnya di Januari sudah ada penerimaan namun karena menunggu penetapan Perda belum ada yang masuk,” akunya

Lanjut Sugiarto berujar, meski demikian pada awal April ini PAD yang sudah terealisasi sekitar 10 persen. Ia pun optimis PAD bisa tercapai hingga akhir tahun.

 “Insya Allah bisa capai jika dilihat dari tahun ke tahun, trennya sangat positif bahkan melebihi jumlah target, tahun lalu capai hingga 108 persen,” tandasnya.

 

(Hel)