Artikel Sigi Sulteng

Ketua DPRD Sigi Hadiri Peresmian Bendungan dan Jaringan Irigasi Gumbasa Sulawesi Tengah

SIGI, TAGAR-NEWS.com – Ketua DPRD Sigi Moh. Rizal Intjenae, S.Sos., M.Si menghadiri peresmian bendungan dan jaringan irigasi Gumbasa oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Bertempat di Bendungan Gumbasa, Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa, Rabu 27 Maret 2024

 

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pentingnya melakukan pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur irigasi diseluruh tanah air, termasuk daerah irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi.

 

Peresmian ini merupakan langkah penting dalam mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan serta peningkatan produktivitas pertanian di Indonesia. Presiden juga menambahkan bahwa rehabilitasi daerah irigasi Gumbasa telah dimulai sejak 2016, melewati perjalanan panjang kemudian terjadi bencana ditahun 2018 dan selesai tahun 2024.

 

“Anggaran yang digunakan untuk rehabilitasi daerah irigasi Gumbasa mencapai Rp 1,25 Triliun untuk merekonstruksi satu bendungan, 35 kilometer saluran primer, 52 kilometer saluran sekunder, 119 kilometer saluran tersier dan 82 saluran pembuangan.Langkah ini dapat mengoptimalkan daerah layanan seluas 8.180 Hektar persawahan, dan meningkatkan indeks pertanian dari semula 149 persen menjadi 300 persen,” ujar Jokowi

 

Presiden Joko Widodo berharap dengan rehabilitasi dan rekonstruksi daerah Gumbasa ini akan meningkatkan produktivitas pertanian, mendukung keamanan, ketahanan dan kedaulatan pangan serta meningkatkan kesejahteraan petani.

 

Peresmian daerah irigasi Gumbasa ditandai dengan tombol sirine dan penandatanganan Prasasti oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam peresmian tersebut Presiden didampingi oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, Bupati Sigi Irwan Lapatta dan Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi.

 

Turut hadir dalam peresmian tersebut Unsur Forkompinda, Kepala Kantor Pertahanan Kabupaten Sigi, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kasat Pol-PP, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Pekerjaan Umum Kabupaten Sigi serta Camat Gumbasa dan Kepala Desa Pandere dan Desa Pakuli.

 

(Wan)