Artikel Hukum & Kriminal Sulut

Hari Terakhir Penyuluhan Hukum di Kab Boltim Ditutup di Desa Sumber Rejo 

BOLTIM, TAGAR-NEWS.com – Penyuluhan hukum kejaksaan Negeri Kotamobagu dan Polres Bolaang Mongondow timur masuki hari ke enam. Sabtu 02 September 2023.

Ini merupakan hari terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sejak 28 Agustus di sejumlah Desa. Di hari terakhir tersebut ditutup di desa  Sumber Rejo.

Penyuluhan hukum di desa Sumber Rejo. Foto: Cyp

Pada kesempatan itu, Kepala seksi intelejen, Meidi Wensen SH diwakili Kasubsi A Intelejen, Yohannes M Simarmata SH memberikan materi Aspek Hukum dalam Pengelolaan keuangan Desa.

Dihadapan perangkat desa dan masyarakat yang hadir di balai pertemuan Desa Sumber Rejo, Ia menekankan tentang pentingnya asas Pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel serta partisipatif.

Penyuluhan hukum di desa sumber rejo. Foto: cyp

Lanjut Anes menyebutkan penyebab terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan dana desa berasal dari internal dan eksternal.

“Faktor internal yakni moral, gaya hidup, aparatur mencari celah keuntungan, tidak transparan, aparatur tidak paham aturan,” Ia mengungkapkan

Sementara faktor eksternal Ia berujar kurangnya sosialisasi dan lemahnya pengawasan, tidak tegasnya sanksi untuk oknum yang menyimpang dan budaya masyarakat yang acuh pada indikasi penyimpangan.

“Untuk itu saya berpesan kepada pemerintah desa dapat memahami betul akan mekanisme dan aturan dalam mengelola keuangan dana desa,” Ia memungkasi.

 

Peliput: Helmi