Sulut

Bupati Limi Mokodompit Perkuat UMKM Bolmong dengan Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan

BOLMONG, TAGAR-NEWS.COM – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, perkuat UMKM di Bolmong.

Penguatan itu dengan melaksanakan kegiatan pelatihan kewirausahaan mandiri UMKM.

Bupati Limi Mokodompit dalam kesempatannya mengatakan bahwa pelatihan kewirausahaan ini sebagai progres yang baik.

“Luar biasa, kalau kita melihat perusahaan-perusahaan besar itu, mereka memulai dari usaha-usaha kecil seperti ini, ” ucapnya.

Pj Bupati Limi juga mengatakan bahwa pelatihan-pelatihan seperti itu harus didukung oleh pemerintah daerah.

Sebab menurut Limi, hampir dari separuh yang menggerakkan perekonomian di Indonesia berasal dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Yang tidak ambruk diterjang COVID19 hanyalah UMKM dan sektor pertanian. Makanya kita harus dukung agar mereka bisa cerdas menghasilkan produk UMKM yang menenuhi standar,” jelasnya.

Selain itu Bupati Limi juga berpesan kepada para peserta untuk memanfaatkan pelatihan tersebut.

Sebab lanjut Limi, pelatihan adalah kunci dari pengembangan UMKM yang digeluti oleh masing-masing peserta.

Dengan harapan kata Bupati Limi bahwa produk-produk UMKM di Bolmong bisa di jual di gerai-gerai Indomaret yang ada.

“Sepintas, saya melihat produk lokal kita sudah setara dengan produk-produk diluar Bolmong. Saya yakin memenuhi kwalitas produknya, tetapi harus mengikuti pelatihan-pelatihan agar bisa memenuhi standard market,” jelasnya.

Tidak hanya itu kata Bupati Limi, jika rakyat Bolmong sejahtera pasti daya belinya juga akan meningkat dan pasti masyarakat akan berbondong-bondong berbelanja di Indomaret, apalagi produk lokal mereka ada juga disitu.

“Tolong Kadis di identifikasi produk-produk yang ada agar kita bisa bekerjasama dengan daerah lain serta mencari market bagi produk kita. Agar nantinya marketnya tidak hanya di Indomaret,” tuturnya.

Bupati limi juga mengharapkan kepada Manager Indomaret agar rekrutmen karyawan, bisa memprioritaskan anak-anak yang ada di Bolmong.

“Kepada Dinas perdagangan dan UMKM untuk menjaga kerjasama dengan Indomaret agar bisa berlanjut kedepan,” katanya.

Brands Manager Indomaret Sulut, Sapta Aji mengatakan bahwa pelatihan UMKM adakah wujud kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow yang baik selama ini.

“Pelatihan ini disponsiri oleh Indomaret, Skippy, serta pelatihan tersebut sudah yang ke 25 dengan Pemkab Bolmong,” ucapnya