Sulsel

Demo Solidaritas Santri Aswaja Annahdliyah Kota Makassar Tolak Pemecatan Kyai Afif

MAKASSAR, TAGAR-NEWS.com – Solidaritas Santri Aswaja Annahdliyah kota makassar menggeruduk kampus Universitas Islam Makassar, Imbas dari pernyataan Ruslan Wahab Wakil Rektor IV UIM.

Dalam demo tersebut elemen santri sangat menyayangkan kebijakan Universitas Islam Makassar yang memberikan ruang bagi kelompok bercadar beraktifitas di kampus NU.

“Kami menyayangkan kenapa kampus NU yang bervisi Ahlu sunnah wal jamaah yang mengusung moderasi beragama tetapi memberikan ruang bagi komunitas salafy berkuliah dikampus NU,” Ujar Koordinator Aksi Andi Arif, dalam orasinya.

Menurutnya beberapa kebijakan kampus diseluruh indonesia sudah melarang pemakaian cadar bagi mahasiswa, anehnya kampus NU memberikan ruang bagi komunitas salafy ini yang dikenal yayasan cobig.

Mereka menduga Pemberhentian Kiai Afif, karena beliau melawan kebijakan UIM terhadap pemakaian cadar dan celana cingkrang didalam lingkup fakultas agama islam UIM.

“Beliau ingin meninjau ulang kerjasama UIM dan yayasan cobig yang menyuplai mahasiswa bercadar berkuliah di Fakultas Agama Islam UIM. Tetapi Ruslan wahab sebagai Wakil Rektor IV yang membawahi kampus qurani dan aswaja justru menolak dan meminta kiai afif mundur sebagai dekan,” ungkap Andi Arif

“Kami meminta Pengurus Wilayah NU sulawesi selatan dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama untuk membentuk tim investigasi mengusut kasus ini agar tidak mencederai semangat NU dalam mendorong pengarus utamaan moderasi beragama di indonesia,” tegasnya.

 

 

(*/Sam)