Sulteng

Cerita Dibalik Terbentuknya “RANINDO” Organisasi Bergerak di Bidang Kemasyarakatan

SIGI, TAGAR-NEWS.com – Avib Febrianto, Pemuda asal Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, kabupaten sigi, sulawesi tengah (sulteng) bersama Ilham Pakebibo dan Reynold Dg Mangiri membentuk sebuah wadah organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang kemasyarakatan.

Organisasi yang diberi nama Rumah Aspirasi Ntodea Indonesia (Ranindo). Ranindo ini merupakan sebuah wadah untuk menampung berbagai aspirasi dan ide-ide gagasan dari masyarakat.

Saat pembentukan, Avib oleh ketua Ranindo Ilham Pakebibo didaulat menjadi sekretaris.

Avib, ketika berbincang dengan Tagar-news.com, Selasa 8 Maret 2022 menceritakan awalnya Ranindo ini dibentuk hanya dikhususkan di Desa Mpanau. Namun seiring berjalannya waktu organisasi ini mulai berkembang dengan makin bertambah banyaknya anggota.

“Ketuanya pak Ilham, sekretarisnya saya sendiri dan bendaharanya pak Supardin,” katanya.

Dijelaskannya Ranindo dibentuk pada tahun 2013 dan sudah berjalan hampir 8 atau 9 tahun. Tujuan pembentukannya menampung aspirasi masyarakat. Ranindo sendiri mengusung jargon “Berbagi dan Peduli”.

Organisasi ini kemudian menjadi sebuah gerakan sosial yang menyasar hampir di seluruh kecamatan di kabupaten sigi,

“Sampai saat ini untuk menunjang kegiatan-kegiatan organisasi kami masih menggunakan dana pribadi masing-masing anggota,” tuturnya.

Avib mengungkapkan kegiatan awal yang dilaksanakan Ranindo yaitu menggelar pertandingan sepak bola. Berawal dari kegiatan itu, ia dan teman-temannya bertemu dengan Samuel Y Pinantik.

“Pertemuan dengan pak Samuel itu berlanjut pada kesediaan beliau menjadi Dewan Pembina Ranindo. Beliau juga saat berdiskusi menyarankan agar Ranindo berbagi dan peduli bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Menurut Avib, Ranindo berbagi ini bukan hanya terfokus pada masyarakat umum saja, tetapi juga berbagi juga kepada para penggiat olahraga, ekonomi dan pemerhati peternakan dan perikanan.

“Kami berharap kedepan Ranindo lebih berkembang lagi dan dapat membawa manfaat bagi masyarakat yang ada di Sulawesi Tengah (sulteng) dan lebih khususnya masyarakat yang ada di kabupaten sigi,” ujar Avib mengakhiri

 

Penulis: Hilmawan