Sulteng

Penanaman Jagung Perdana Bersama Koperasi RMP Sulteng

BANGGAI, TAGAR-NEWS.COM – Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah Drs. Mamun Amir, Bupati Banggai Ir.H. Amirudin melakukan Penanaman Jagung Perdana Bersama Koperasi RPM (Relawan Merah Putih).

Kegiatan ini bekerjama dengan BRI, Jasindo dan Masyarakat, bertempat di Desa Padang Kecamatan Kintom. Selasa 5 Oktober 2021 kemarin.

Turut pada kegiatan itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Faisal Mang, Kadis Pertanian dan Holtikultura Trie Lamakampali, Plt. Kepala Bappeda Dr. Suandi, Plt. Stap Ahli Bidang Pengembangan Wilayah dan SDA Dahri Saleh, juga dihadiri Unsur Forkopimda Kabupaten Banggai dan Masyarakat.

Mahfud Masuara, SH selaku Ketua Koperasi RMP menyampaikan RMP lahir tahun 2018 sejak Bencana Gempa 28 September 2021, kelahiran RMP adalah untuk melakukan pengalangan bantuan.

“Kemanusiaan dan Isu Pemberdayaan, dimana pendiri RPM adalah bapak Rusdy Mastura saat ini sudah menjadi Gubernur Sulawesi Tengah,” bebernya.

Karena Pendiri RPM adalah H. Rusdy Mastura sehingga RPM berjuang untuk memenangkan Kontelasi Politik Gubernur dan Wakil Gubernur Bapak Rusdy Mastura dan Mamun Amir atas dukungan masyarakat memenangkan kontelasi Pilkada Gubernur dan Wagub.

Dirinya juga menyampaikan setelah Gubernur dan Wakil Gubernur dilantik, selanjutnya untuk mewujudkan Visi dan Misi Gubernur untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi masyarakat Gubernur Menandatangani MOU bersama Ceo BRI Wilayah Mando untuk pemberian Kredit Bunga Rendah dan Tanpa Agunan.

Dimana juga ditingkatkan adanya perlindungan Asuransi Jasindo dan RMP saat ini sudah hadir di 12 Kabupaten dan 1 Kota dengan membentuk usaha pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui Koperasi RPM  dengan membuka Koperasi Sembako Murah dan saat ini RMP sudah memiliki anggota sebanyak 4.742 Orang.

RMP juga memiliki Usaha untuk pemberdayaan dan juga usaha Koperasi Sembako Murah.

Pelaksanaan Penanaman Jagung Perdana ini sebagai upaya pemberdayaan masyatakat untuk menanam jagung dan memiliki hasil yang baik dan diberikan modal oleh BRI dan diberikan jaminan oleh Jasindo Tujuannya adalah untuk mewujudkan Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dikesempatan yang sama Bupati Banggai Ir. Amirudin Tomerake mengucapkan terimakasih atas pulang kampungnya Wakil Gubernur dan Asisten Pemerintahan untuk menjalankan Tugas kedinasan salah satunya untuk melakukan acara penanaman jagung perdana di desa Padang Kecamatan Kintom.

Bupati Banggai menyampaikan ucapan terimakasih kepada RMP dan jasindo Gubernur/wakil Gubernur atas program pemberdayaan ini dan kami mengharapkan untuk memperluas areal tanam menjadi 100 ha diwilayah kabupaten banggai , karena kabupaten Banggai sangat cocok tanaman jagung.

Wagub Sulteng , Drs. Mamun Amir, juga menyampaikan Ucapan terimakasih kepada BRI, RPM dan Jasindo atas Pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui tanaman jagung.

Drs Ma’mun Amir menyampaikan rasa syukur diberikan waktu berkunjung perdana ke Banggai besok ke banggai Kepulauan setelah menjadi Wakil Gubernur.

Wagub melanjutkan, MOU Gubernur dan BRI adalah untuk pemberian Kredit UMKM sebesar 5 T dengan skema Bunga Rendah dan Tanpa Angunan dengan pinjaman dibawah 100 Juta  untuk itu agar MOU dapat berjalan dengan baik kepada seluruh UMKM yang membutuhkan.

Program 100 M/Kab/Kota Wajib harus dilaksanakan untuk mempercepat terwujudnya peningkatan Insfrastruktur daerah dan tahun 2022 Jalan Wilayah Kepala Burung dapat kita perbaiki demikian juga untuk Banggai Kepulauan dan Banggai laut jalan jalan yang menjadi kewenangan provinsi tahun 2022 Harus selesai demikian juga juga untuk pembangunan Jembatan Penghubung Bangkep dan Balut Desain Engginernya sudah selesai .

Pembangunan Infrastruktur Kedepan Menjadi Prioritas Utama  Gubernur dan Wakil Gubernur adalah pembangunan Infrastruktur daerah Untuk mempersiapkan Sulawesi Tengah menjadi Wilayah Penyangga Ibu Kota Negara baru yang akan pindah ke Kalimantan Timur, Peningkatan Kwalitas pendidikan berbasis Vokasi ,

Kemudian pemberian bantuan untuk masyarakat Miskin tahun 2022 sebesar  1 jt /KK pada waktu lebaran, Pendidikan Gratis  Tahun 2022  sudah harus direalisasikan, demikian juga masalah Poso juga sudah dapat terselesaikan , solusinya pembangunan Infrastruktur jalan dan mewujudkan janji janji politik Gubernur dan Wakil.Gubernur .

Gubernur mengharapkan kepada Bupati /Walikota, agar terus kita tingkatkan kwalitas pelayanan masyarakat , peningkatan pembangunan daerah dan Provinsi akan membantu maksimal agar Sulawesi Tengah dapat cepat maju .

Wagub Ma’mun juga menegaskan bahwa penanganan Covid saat ini sudah  sudah sangat baik saat ini daerah kita sudah berada pada PPKM Level 2 hanya sedikit level 3 , tetapi kondisi ini jangan membuat kita terlalu eforia , namun diharapkan kepada masyarakat agar terus mematuhi Protokol Kesehatan , terus memakai masker , Terus kita menjaga diri sendiri , menjaga keluarga dan menjaga sesama.

Pada kesempatan itu Wagub mengungkapkan permohonan maaf kepada masyatakat kalau ada salah dan hilaf sewaktu Pemimpin daerah ini sebagai Bupati juga kalau ada kesalahan pada waktu kampanye dulu.

“mohon saya dimaafkan,” ucapnya

 

 

AJI