Sulteng

Pemprov Sulteng Kembali Raih WTP 

PALU, TAGAR-NEWS.COM – Capaian prestasi membanggakan kembali diperoleh Pemerintah provinsi sulawesi tengah (Sulteng).

Prestasi yang ditorehkan itu berupa raihan WTP yang didapat lima kali secara berturut-turut.

Penghargaan itu diserahkan BPK RI perwakilan Sulawesi tengah, yang diterima langsung Gubernur Rusdy Mastura didampingi Wakil Gubernur Ma’mun Amir, bertempat di Gedung Serba Guna Pogombo, Kamis 14 Oktober 2021 kemarin

Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sulteng, Irfan Ampri menyampaikan apresiasi dan koordinasi yang terjalin intensif dengan semua pemangku kepentingan sehingga dapat diraih.

Dia berharap Pemerintah daerah terus menjalin komunikasi yang baik kepada seluruh Stakeholder termasuk, BPK,  BPKP, Departemen Keuangan untuk merumuskan strategi mengantisipasi berbagai tantangan dan proses penyusunan dan pemerikasaan LKPD tahun 2021.

“Pencapaian WTP bagi daerah merupakan sarana yang menggambarkan kondisi sebuah penyelenggaraan pemerintahan daerah yang telah mampu menerapkan transparansi dan good governance khususbya dalam pengelolaan keuangan daerah,” ujarnya

Dia juga menyampaikan agar pemerintah daerah melakukan berbagai upaya dalam rangka menyujudkan pertanggung jawaban APBN dan APBD tahun anggaran 2021 yang kredibel , transparan dan Akuntabel dan mengoptimalkan peran Aparat Pengawas Interen Pemerintah (APIP) dalam mengawal pandemi COVID -19 .

Sementara itu, Gubernur H. Rusdy Mastura, menyampaikan Apresiasi Kepada Kanwil DJPB Sulteng atas nama menteri Keuangan RI memberikan Penghargaan kepada pemerintah Provinsi dan Kabupaten /kota atas predikat WTP atas LKPD Tahun 2020 dan WTP 5 Kali Berturut turut.

Hal itu merupakan sarana pembuktian kepada pemerintah daerah bahwa tata kelola keuangan daerah yang dilaksanakan sudah Akuntabel, transparan sesuai dengan perundang – undangan yang berlaku dan semoga kedepan seluruh Tata kelola pemerintah daerah mendapat Opini WTP atas LKPD Tahun 2021.

Pada kesempatan itu juga Gubernur menyampaikan beberapa gagasan dan harapan nya sebagai pemimpin adalah mendorong prioritas pembangunan yang dilakukan dan yang akan dicapai.

“Yakinlah bahwa kita bukan penduduk Bumi ini tetapi kita penduduk Akhirat” jangan sampai di Akhirat kita disampikan bahwa kita sudah memimpin dengan tapi masih banyak masyarakatmu yang miskin, saya meminta agar diluruskan niat untuk memimpin,” ucapnya

“Kita harus membuat masyarakat kita pintar, sehingga dengan disetujui oleh Menteri Desa, Transmigrasi dan daerah tertinggal akan memprogramkan Smart Village disebanyak 1.000 Desa di Sulteng.Olehnya melalui ADD kita bersyukur bahwa semua desa kedepan tidak ada lagi tanpa jaringan internet olehnya dengan koneksi tersebut warga Sulteng 5-10 Tahun kedepan menjadi masyarakat yang Pintar,” Sambung Rusdy

Lebih jauh dirinya menyampaikan untuk peningkatan ekonomi masyarakat perlu program pemberdayaan, untuk itu Gubernur meminta kepada para Bupati dan Walikota agar mendorong pelaku untuk memanfaatkan Kredit Bunga Rendah dan Tanpa Agunan dengan kredit dibawah 100 juta.

“Ada MOU yang sudah disepakati Gubernur dengan BRI tentang pemberian Kredit UMKM kepada Masyarakat sebesar 5 T .

“Saya minta agar masyarakat difasilitasi untuk mendapatkan kredit tersebut , jangan sampai hanya Pengusaha besar yang menikmati,” tegas Cudy sapaan karibnya.

Mantan Wali Kota dua periode itu meminta kepada Bupati /Walikota mari kita bangun daerah kita ini menjadi daerah yang maju dan berkembang , dengan pembangunan Infrastruktur yang baik sehingga arus distribusi hasil produksi masyarakat bisa berjalan lancar, pembangunan
akan dilaksanakan melalui berbagai skema pembiayaan agar dapat diwujudkan dengan cepat.

Diakhir kesempatan dia kembali menyampaikan rasa syukur atas capaian prestasi Atlet Sulteng yang berlaga di PON Papua,sehingga kedepan harus dilakukan pembinaan yang berkelanjutan dengan harapan setiap daerah dapat membina Atlet sesuai potensi yang ada seperti dayung yang ada di Banggai Laut sehingga kedepan daerah Sulteng bisa meraih prestasi yang lebih membanggakan.

 

 

*/AJI