Sulut

Eksport Perdana Komoditi Pala, Bupati Yasti: Saya Harap Kedepan Volume Ekspor Ditingkatkan

BOLMONG, TAGAR-NEWS.COM – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, melepas ekspor perdana komiditi Pala, Rabu 08 September 2021.

Ekspor komoditi tersebut dilakukan oleh PT. Hampton Muda Berkarya, dengan negara tujuan India.

Pada seremonial pelepasan, Bupati Yasti mengatakan, mendukung penuh kegiatan ekspor komoditi tersebut.

“Problem laten produk pertanian dan perkebunan kita selama ini, karena ketersediaan demand dan market yang terbatas, sehingga harga komoditi cenderung tidak kompetitif. Akhirnya petani sulit sejahtera karena harga jual tidak sebanding dengan biaya produksi” kata Bupati Yasti.

Yasti juga menambahkan, kehadiran eksportir adalah jembatan strategis bagi produk unggulan Bolaang Mongondow dengan pasar di luar negeri.

“Hal Ini dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi daerah sekaligus meningkatan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

“Ke depan kita berharap volume ekspornya ditingkatkan, karena ketersediaan bahan baku pala sangat besar di daerah ini. Dan bukan hanya pala, tapi produk pertanian lainnya.” tutup yasti.

Di tempat yang sama, CEO PT. Hampton Muda Berkarya, Anggit Nasution mengatakan, ekspor ini dilakukan setelah melakukan survey panjang terkait ketersediaan barang serta kualitas speknya.

“Ini ekspor perdana kami dari Bolaang mongondow. Ini baru tahap awal. Ke depan volumenya kami tingkatkan karena setelah kami cek, suply nya banyak. Permintaan di luar negeri besar sekali.” Kata anggit.

Selain itu menurutnya, tanaman pala ini tanaman yang endemik. Hanya cocok dengan tanah, suhu dan iklim indonesia timur. Demand di luar negeri besar, sedangkan suply dalam negeri terbatas. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat bagus.

“Kami berterima kasih atas support penuh ibu Bupati. Dukungan pemerintah daerah adalah stimulus untuk menggenjot geliat ekonomi di tengah pandemik covid saat ini,” pungkas Anggit.

 

*/DIX