Sulteng

Wabup Resmikan Kampung Bahari Nusantara di Desa Sausu Kecamatan Tambu

PARIMO, TAGAR-NEWS.COM – Wakil Bupati Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) H. Badrun Nggai, meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN), Selasa 29 Juni 2021.

Wabup saat peresmian KBN didampingi Komandan Lanal Palu Kolonel Marinir Marthen Luther Ginting.

KBN merupakan program Pangkalan TNI Angkatan Laut, yang merupakan Desa binaan yang berada di Desa Sausu Kecamatan Tambu Kabupaten Parimo.

Wabub H.Badrun Nggai, mengapresiasi dan sangat mendukung Program KBN ini.

Dirinya berharap kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kelesatarian bahari.

Sementara itu, DanLanal Palu menyampaikan, Program Kampung Bahari Nusantara ini adalah untuk meningkatkan kesejahtaraan masyarakat pesisir desa binaan Pangkalan TNI AL palu melalui beberapa klaster.

Diantaranya klaster Kesehatan, Klaster Pendidikan, Klaster Pariwisata Klaster, Ekonomi dan Klaster kelestarian lingkungan.

“Dengan program dalam beberapa klaster tadi diharapkan bisa memanfaatkan potensi lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dalam binaan Pangkalan TNI AL Palu,” ujar Danlanal Marthen.

Selain meresmikan KBN, Wabup H. Badrun Nggai, juga melakukan peletakan Batu pertama pembangunan rumah adat kaili serta meninjau kerajinan anyaman tikar,
rotan sekaligus meninjau masakan khas daerah yang dilombakan.

Pada kesempatan itu, Wabup H. Badrun Nggai bersama Danlanal Letkol Marthen Luther Ginting, secara simbolis melaksanakan Penghijauan dengan penanaman Alpukat dan Kemiri yang merupakan implementasi dari Program KBN klaster ekonomi dan pariwisata.

Untuk klaster kesehatan, Wabup dan Danlanal beserta rombongan meninjau Baksos KBN Lanal Palu berupa pengobatan dan khitan masal gratis.

 

(AJI)