Artikel Sulut

Peringati Hari Bumi 22 April 2024 Kantor ATR/BPN Minahasa bersama Forkopimda Tanam Komoditas Pertanian dan Kehutanan 

MINAHASA, TAGAR-NEWS.com – Kantor ATR/BPN  kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara melaksanakan penanaman komoditas pertanian kehutanan. Senin 22 April 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kembes 2 Kecamatan Tombulu tersebut dalam rangka memperingati hari Bumi 22 April 2024.

Sebagaimana mengimplementasi Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2023 tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria dan melalui kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA) oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional di seluruh Indonesia yang salah satu adalah kegiatan penanaman komoditas, pertanian, kehutanan, dan perkebunan.

Upaya sinergi dimaksudkan untuk mendorong serta mensinkronkan pensertipikatan tanah untuk meningkatkan akses ke lembaga keuangan dengan tujuan akhir penguatan hak rakyat atas aset tanah dan peningkatan kesejahteraan ekonomi dari pertambahan nilai aset berupa tanah para pemegang hak atas tanah.

Sebagaimana disampaikan Menteri ATR/BPN diwakili Dirjen Penataan Agraria pada kegiatan GSRA Nasional yang dilaksanakan di Desa Sirnajaya Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yakni “ATR/BPN mempunyai fungsi untuk memfasilitasi bagaimana agar tanah tersebut bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi Masyarakat”.

Di Minahasa, kegiatan yang dilaksanakan oleh kantor pertanahan yang dipimpin kepala kantor pertanahan Yandry D.R. Rory, S.SiT M.Si bersama kantor wilayah BPN Sulut menggandeng Balai Pengelolaan DAS & HL Tondano dalam pengadaan bibit guna melaksanakan salah satu agenda GSRA yakni Penanaman Komoditas Pertanian Kehutanan.

Pada kegiatan itu turut dihadiri unsur forkopimda yakniq Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minahasa, Diky Oktavia diwakili Jaksa Paskalis Sumelang, SH. Selain itu, hadir pula Kapolres Minahasa, Dandim 1303/Minahasa, BPDAS HL Tondano, Pemerintah Kecamatan Tombulu, Pemerintah Desa Kembes 1 dan 2 dan pimpinan umat beragama di Kembes.

Adapun sejumlah kegiatan GSRA yang dilaksanakan yakni pemberian bibit pohon kepada kelompok tani dan simbolisasi penanaman bibit pohon sekaligus juga dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat PTSL bagi warga desa Kembes 1 dan 2.

Dimana pada Penanaman dan pembagian bibit pohon dan bibit buah berjumlah 2.000 bibit pohon serta  sertifikat PTSL yang diserahkan untuk desa Kembes I sebanyak  253 sertipikat dan Desa Kembes II sebanyak 193 sertipikat.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan produktivitas/kesejahteraan masyarakat kedepan dan menjadi stimulus dalam menjaga lingkungan yang Lestari Optimal Serasi dan Seimbang di Kabupaten Minahasa.

Sebagaimana sambutan penjabat Bupati Minahasa yang disampaikan Asisten I Drs. Riviva Maringka. Ia mengingatkan untuk mengupayakan kualitas peruntukan dan pemanfaatan tanah melalui upaya pengelolaan tanah secara maksimal oleh pemilik tanah juga mengajak generasi milenial mencintai profesi sebagai petani agar tidak terjadi Lost generation of farmer.

Kepala Kantor Atr/ Bpn Minahasa, Yandry D.R. Rory,

berharap bibit pohon yang telah dibagikan dapat di tanam dan dipelihara dengan baik sehingga dapat bermanfaat juga memberikan peningkatan ekonomi bagi pemilik tanah.

“demikian halnya dengan sertifikat yang telah dibagikan memberikan kepastian hukum hak atas tanah bagi para pemilik tanah,” tandasnya

Adapun bibit pohon dan bibit buah buahan dapat di peroleh dengan gratis di balai persemayaian benih Kima Mapanget tutup Erwim Putra mewakili BPDAS Tondano.

(*/Hel)