Artikel Sulut

Pemkot Kotamobagu Terima Penghargaan Menpan RB

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.com – Pemerintah kota Kotamobagu menerima penghargaan sebagai instansi pemerintah dengan implementasi RB terbaik pada semua tema tahun 2023.

Penghargaan itu diserahkan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, M.Si kepada Penjabat wali kota Dr. Drs Hi Asripan Nani Msi di acara RBXperience dan Penyerahan Hasil Evaluasi RB, AKIP dan ZI Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Diketahui acara yang diselenggarakan Rabu 06 Desember 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center, dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Penjabat Wali kota Asripan Nani menyebut Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Pemerintah Kota Kotamobagu dalam mengimplementasikan Reformasi Birokrasi Tematik pada semua tema.

“Alhamdulilah, kotamobagu turut berbangga karena menjadi satu satunya Pemerintah daerah di Indonesia Timur dan di Sulawesi Utara yang mendapatkan penghargaan ini,” ucapnya usai menghadiri acara.

Disisi lain, Kabag Orpeg Pemerintah Kota Kotamobagu, Andi Abasi S.T mengungkapkan Sesuai ketentuan penilaian RB pada tahun 2023 selain RB General dinilai juga RB tematik yang memuat 5 tema prioritas pemerintah yakni, pengentasan kemiskinan, Inflasi, Investasi, digitalisasi pemerintahan dan P3DN.

Di mana kata dia, Pemerintah Kota Kotamobagu sudah menyusun rencana aksi tahun 2023 – 2024 dari masing-masing tema tersebut dengan melibatkan perangkat daerah terkait dan kemudian di evaluasi oleh Inspektorat daerah terkait implementasi dari rencana aksi tersebut.

“Hal itu yang kemudian menjadi bahan penilaian tim evaluator dari Kementerian PANRB,” imbuhnya Kabag Orpeg.

Hadir pada acara itu, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, pimpinan lembaga tinggi negara, dan para kepala daerah serta para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten/kota.*

 

Editor: Helmi