Artikel Sulteng

Digelar di Lapangan Batu Raja Tomini Bupati Samsurizal Hadiri Pembukaan MTQ se- Kabupaten Parigi Moutong

PARIGI MOUTONG, TAGAR-NEWS.com – Lapangan Batu Raja Tomini Kecamatan Tomini jadi lokasi diselanggarakannya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- XVII tingkat Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu hadir dalam pembukaan MTQ di dampingi Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai SE, Kapolres Parigi Moutong
AKBP Jovan Reagan Sumual SH, SIK MH MTr SOU, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong Dr H Ahmad Hasni MPd.

Camat Tomini selaku Ketua Umum MTQ XVII Imran SP dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan MTQ yaitu Keputusan Bupati Parigi Moutong  451.14.45/235/Bag Kesra tanggal 21 Maret 2023 tentang Penetapan Kecamatan Tomini sebagai Penyelengga MTQ ke- XVII tingkat Kabupaten Parigi Moutong tahun 2023, dan hasil Rekonsulda LPTQ bersama seluruh Camat se Kabupaten Parigi Moutong tanggal 28 November 2022 di Kecamatan Parigi Tengah.

Adapun tujuan pelaksanaan kata Imran adalah untuk menumbuh kembangkan bakat dan minat para Qori dan Qoriah dalam memahami isi kandungan Al-Qur’an.

“Memupuk ukhuwa Islamiyah, ukhuwa insaniya dan ukhuwa whatoniyah dalam bingkai keagamaan di Kabupaten Parigi Moutong,” ujar Imran, Minggu 20 Agustus 2023.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong Ahmad Hasni dalam sambutannya berharap, para peserta MTQ berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, berkontrubusi membangun sumber daya yang berdayaguna menuju Parigi Moutong sejahtera bersama.

“Saya berharap MTQ tidak semata mata berlomba lomba membaca Al-Quran, akan tetapi menghidupkan umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an hingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman agama yang lebih humanis  dan terbuka,” ucapnya.

Kakandepag juga berharap agar MTQ dijadikan sebagai sarana mempersatukan umat dan sebagai sarana menjalin tali silaturrahmi antar sesama.

Pada gelaran MTQ tersebut Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu, mempercayakan kepada Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai untuk membuka kegiatan MTQ.

Wabup Badrun berpesan agar seluruh peserta dapat memberikan yang terbaik bagi Kecamatan yang diwakilinya.

Ia juga berpesan agar Dewan Hakim dapat menilai secara objektif tanpa pilih kasih, agar dapat menghasilkan Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hadidzah, Mufasir dan Mufasirah, Murattil dan Murattilah terbaik yang dapat mewakili Kabupaten Parigi Moutong pada MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di tahun mendatang.

“Saya ucapkan selamat berlomba, semoga dapat menghasilkan yang terbaik,” ucap Wabup Badrun.

Di punghujung masa berakhirnya Jabatan Bupati Parigi Moutong dan Wakil Bupati Parigi Moutong, kedua  pempinpin wilayah itu hadir di acara Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Parigi Moutong dan menyapa seluruh Kafilah MTQ yang melintasi Tribun Kehormatan saat Defile Kafilah, dan juga hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong Dra Hj Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu.

Editor: Mawan