Sulut

BP2MI RI Gelar Sosialisasi tentang Pekerja Migran di Kotamobagu

TAGAR-NEWS.COM, KOTAMOBAGU – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Republik Indonesia (RI), menggelar sosialisasi tentang Pekerja Migran di Kotamobagu.

Palaksanaan tepatnya di Desa Poyowa Besar Dua, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat 05 April 2023.

Sosialisasi tersebut dirangkaikan dengan kegiatan Halal Bihalal Desa di gedung Balai Desa Poyowa Besar Dua, yang lansung dihadiri kepala BP2MI RI, Benny Ramdhani (Brani), didampingi Kepala BP2MI Sulut Hendra Makalalag.

Dalam kesempatannya, Kepala BP2MI RI, Benny Ramdhani mengatakan, para calon PMI jangan khawatir dengan fasilitas.

Pasalnya, BP2MI RI saat ini telah menyediakan berbagai fasilitas untuk para calon PMI dalam memudahkan mereka bekerja di luar negeri.

Benny menegaskan, dibawah nahkodanya telah membuka kerja sama dengan pemerintah daerah se-Indonesia termasuk Kota Kotamobagu bagi warga masyarakatnya yang ingin bekerja di luar negeri.

“Kita juga sudah menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, sekarang tugas Pemkot adalah menyiapkan SDM. Misalnya anak-anak muda dari desa dan kelurahan yang berkeinginan bekerja di luar negeri, dikomunikasikan dengan Dinas Ketenagakerjaan dan BP2MI,” jelasnya.

Lanjutnya menjelaskan, bagi masyarakat terutama anak muda yang ingin menjadi PMI, harus ada modal dasar seperti kompetensi dan keahlian, termasuk kemampuan berbahasa, itu yang akan dibantu BP2MI bersama Pemkot Kotamobagu.

“Soal permodalan jangan khawatir karena tidak akan keluar uang sepeserpun,” ujarnya.

“Permodalan yang disediakan 100 juta disiapkan untuk calon PMI yang ingin berangkat ke luar negeri dan untuk pinjaman ini dapat dicicil setiap bulan dengan denda yang sangat rendah, karena ini dalam bentuk skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa anggunan,” ucapnya.

Syaratnya kata Benny Rramdhani, hanya dengan tanda tangan kepala BP2MI Sulawesi Utara.

“Dan Bank akan mencairkan dananya,” ucap Benny.

BP2MI RI juga lanjut Benny, akan memberikan jaminan keselamatan bagi PMI.

“Bersyukur jika berangkat resmi karena negara memberikan perlindungan bagi para pekerja di luar negeri,” ucapnya.

Diketahui, acara yang dilaksanakan pada sore hari ini, juga dihadiri Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI Baso Simbolong, Biro Hukum dan Humas BP2MI Hadi Wahyuningsih, Biro Keuangan dan Umum Indra Hardiansah, Kepala BP2MI Jabar Kombespol Mulya Nugraha, Camat Kotamobagu Selatan Dedy Mamonto, Sangadi Poyowa Besar Dua bersama masyarakatnya.

 

Yadi Bangol