Artikel Sulut

114 Peserta Calon Paskibraka Kotamobagu Ikuti Pembekalan hadapi Tes secara Online oleh BPIP

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.com – Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Kotamobagu mengikuti pembekalan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kamis 6 April 2023.

Pembekalan tersebut guna menghadapi tes secara online oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Pusat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotamobagu, Anas Tungkagi saat diwawancarai mengatakan bahwa para peserta Paskibraka Kota Kotamobagu akan mengikuti 3 tes secara online oleh BPIP.

“Tiga tes itu meliputi, tes Pengetahuan Ideologi Pancasila (PIP), Wawasan Kebangsaan serta Tes Intelegensia Umum,” katanya.

Selain itu lanjutnya para peserta nantinya akan dibuatkan akun masing-masing untuk registrasi masuk ke aplikasi BPIP.

“Untuk jadwal di Daerah-daerah itu, akan dilaksanakan pada minggu depan untuk 3 tes tersebut,” ucap Anas.

Lanjut Anas, untuk ketiga nilai tersebut, para peserta akan mengetahui sendiri berapa nilai yang diperolehnya karena tesnya secara online.

“Jadi bukan lagi manual seperti yang lalu. Kita (Dispora) belum tahu hasilnya, mereka (Peserta) sudah terlebih dahulu tahu mereka lulus atau tidak. Buat saya ini lebih Fair,” ungkap Anas.

Anas juga mengakui bahwa yang paling berat bagi peserta itu adalah di tahap 1 dan tahap 2 ini, sebab semua serba aplikasi.

“Tesnya akan memakai sistem CAT,” jelasnya.

Untuk diketahui, peserta calon Paskibraka lolos di tahap 2 ini berjumlah 114 peserta. Putra 67 peserta dan Putri 47 peserta.

Yang akan lulus sebagai Paskibraka Kotamobagu tahun 2023 berjumlah 38 peserta, masing-masing 20 Putra dan 18 Putri. Peringkat 1 di Putra dan Putri akan di utus ke tingkat Provinsi.

 

Peliput: Adriansa Bangol