Artikel Hukum & Kriminal Sulut

IAD Daerah Minahasa Gelar Sosialisasi Pencegahan Kanker

TONDANO, TAGAR-NEWS.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan anggotannya, Ikatan Adhyaksa Darmakarini Daerah Minahasa bersama dengan Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) menggelar sosialisasi penyuluhan dan pencegahan penyakit mematikan, kanker rahuim, Payudara, serviks dan Prostat. Selasa 4 April 2023.

Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa, Diky Oktavia, SH, MH selaku pengawas IAD mengatakan bahwa kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, terutama untuk wanita yang rentan dengan penyakit kanker dan juga untuk laki-laki yang rentan mendapatkan kanker prostat.

“kita diberikan kesempatan yang berharga, karena hari ini mendapatkan penyuluhan secara gratis terkait kanker ini,” ucapnya

Ia berharap para peserta memanfaatkan momen ini untuk bertanya terkait kanker “tidak usah malu-malu untuk bertanya, baik para wanita atau pun pria.”

Liana perwakilan dari YKKI dalam penyampaian sosialisasinya mengatakan bahwa kanker bisa berawal dari tumor, dimana tumor memiliki dua jenis, tumor jinak dan ganas.

“untuk tumor yang walau pun jinak tapi tidak segera ditangani, bisa menjadi ganas dan bisa mengarah ke kanker,” kata Liana.

Faktor pemicu kanker bisa terjadi karena,pengaruh genetik / keturunan, ditegaskannya, kanker prostat yang cenderung terkena kanker prostat di sebabkan hubungan suami istri yang jarang ( suami sering menahan) susah buang air kecil atau sering buang air kecil dan sering sakit pinggang. Kemudian lanjutnya kanker serviks adalah pembunuh nomor satu pada wanita di dunia waspada kanker serviks biasanya tumbuh di Rahim.

“hindari kanker dengan pola makan yang sehat dan terartur, konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayur, hindari makanan berlemat tinggi dan makanan berar berpengawet dan rajin berolahraga” tambah Liana.***

 

Editor: Helmi