Artikel Sulteng

KPID Sulteng akan Bentuk KPPS di Kabupaten Poso dan Tojo Una-una

PALU, TAGAR-NEWS.com – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Tengah akan membentuk Kelompok Perempuan Peduli Siaran (KPPS) di dua Kabupaten di Sulawesi Tengah yaitu Kabupaten Poso dan Tojo Una-una.

“Untuk tahun ini KPID akan membentuk KPPS di Kabupaten Poso dan Tojo Una-una sebagai langkah awal’’ ujar Koordinator Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran, Muhammad Ramadhan Tahir di kantornya, Rabu, 8 Maret 2023.

KPPS ini diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan dari KPID Sulteng untuk mengawal lembaga penyiaran mewujudkan penyiaran yang sehat dan edukatif.

Ia menjelaskan KPPS nantinya akan berperan sebagai pemantau partisipatif KPID Sulteng atas tayangan atau konten lembaga penyiaran televisi dan radio diwilayah masing-masing.

“Kami berharap ini dapat mendorong sikap kritis masyarakat dalam menikmati konten yang ada ditelevisi dan radio’’ ucap Muhammad Ramadhan Tahir.

“jadi nanti ketika ibu-ibu yang bergabung dalam KPPS saat menonton, melihat ada tayangan atau konten yang tidak sesuai P3SPS ( Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program SIaran) akan memberikan informasi ke KPID. Tetapi sebelum itu, mereka akan diberikan penguatan atau pemahaman terkait P3SPS,” Ia melanjutkan.

Muhammad Ramadhan Tahir menambahkan terbentuknya KPPS di kabupaten Poso dan Tojo Una-una sekaligus akan menjadi percontohan untuk membentuk kelompok Perempuan Peduli Siaran (KPPS) di Kabupaten/kota di Sulawesi Tengah.

“Alhamdulilah ini mendapat dukungan penuh dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah,” imbuhnya.*

 

Editor: Mawan