Nasional

Pesan Jaksa Agung ke Jajaran Kejati Kepri: Prestasi yang Diraih Jangan Buat Kita Jemawa dan Cepat Puas Diri

KEPRI, TAGAR-NEWS.com – Jaksa Agung ST. Burhanuddin, atas nama pribadi dan selaku pimpinan insititusi, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh warga Adhyaksa, di lingkungan Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, yang telah bekerja keras dan cerdas dengan penuh integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas, fungsi dan wewenang untuk kejayaan institusi.

“Atas dukungan dan dedikasi dari saudara, tren kepercayaan masyarakat kepada Institusi yang kita cintai ini semakin hari semakin baik. Saat ini Kejaksaan RI pada beberapa hasil survei menduduki posisi pertama sebagai Lembaga Penegak Hukum yang paling dipercaya oleh publik, posisi yang terbilang baru pertama kali diraih, sepanjang sejarah berdirinya Kejaksaan RI,” ucapnya, saat memberikan arahan di Kejati Kepri, Jumat 7 Oktober 2022.

Jaksa Agung mengatakan pada tanggal 21 September 2022, Kejaksaan RI juga mendapatkan penghargaan Sinergitas Awards dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, pada kategori Laporan Pelaksanaan Rencana Aksi Terbaik Tahun 2022. 

Bahkan pada kancah Internasional kita berhasil mendapatkan penghargaan dari International Association of Prosecutors (IAP), sebuah asosiasi penuntut umum internasional karena dinilai sukses menerapkan kebijakan Restorative Justice, yang mana kebijakan tersebut merupakan salah satu amanat RPJMN 2020-2024.

“Namun saya ingatkan, berbagai sanjungan dan penghargaan yang sudah kita terima atas hasil kerja nyata kita tersebut, jangan membuat kita jemawa dan cepat berpuas diri, melainkan kita harus tetap rendah hati dan semakin termotivasi untuk terus menjaga profesionalitas kinerja serta integritas moral dengan sebaik-baiknya,” Jaksa Agung mengingatkan

Oleh karenanya, ia meminta seluruh jajaran Adhyaksa di wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau untuk mencermati dan mengaktualisasikan perintahnya, sebagaimana tertuang dalam Surat Jaksa Agung tentang Peningkatan Pengawasan Melekat dan Peningkatan Kewaspadaan Pada Satuan Kerja guna mempertahankan kepercayaan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Jaksa Agung memberikan apresiasi kepada Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa yang pada akhir bulan September lalu, mendapatkan penghargaan Peringkat Ke-2 Kepatuhan CMS Bidang Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Tahun 2022.

“Saya harap prestasi tersebut semakin memotivasi jajaran Pidsus di wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, untuk melaksanakan tertib administrasi penanganan perkara, karena hal tersebut merupakan tanggung jawab saudara sebagaimana Instruksi Jaksa Agung Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penggunaan Aplikasi Sistem Manajemen Penanganan Perkara (CMS). Data yang saudara input menjadi salah satu pertimbangan saya dalam setiap pengambilan kebijakan. Validitas data saudara juga menjadi materi penilaian atas kinerja saudara, untuk itu pastikan data yang saudara laporkan mutakhir dan akurat,” pesannya

Jaksa Agung juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau untuk melaksanakan Perintah Harian Jaksa Agung RI.

“Sebagaimana telah saya sampaikan pada Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 tanggal 22 Juli 2022 dengan sungguh-sungguh,” ungkapnya

“Kita semua tentu punya cita-cita untuk menjadikan Kejaksaan sebagai ujung tombak penegakan keadilan dan hukum yang didambakan oleh masyarakat. Maka untuk membuat keinginan tersebut menjadi kenyataan, dibutuhkan kesungguhan, tekad, dedikasi, kejujuran, dan usaha,” tegas Jaksa Agung.

 

(*/Hel)