Hukum & Kriminal

AKBP Prasetya Sejati dan Deretan Prestasi

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.COM – Sederet pengungkapan kasus selama kepemimpinan AKBP Prasetya Sejati SIK, patut diacungi jempol.

Hal itu terlihat dari sejumlah kasus tergolong besar berhasil diungkap. Seperti pengungkapan kasus pertambangan tanpa ijin (Peti) Potolo Rumagit yang berada di kacamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Narkoba dan Korupsi.

Keberhasilan pengungkapan sejumlah kasus tersebut diurai saat konferensi pers yang digelar senin 15 November 2021, siang dihadapan awak media, yang disampaikan Kasi Humas Polres Kotamobagu, AKP Rusdin Zima didampingi Kasat Reskrim AKP Angga Maulana dan Kasat Narkoba AKP Suyono Sutadji.

Dihadapan awak media, Rusdin Zima, menyampaikan deretan kasus yang berhasil diungkap semasa kepemimpinan AKBPPrasetya Sejati SIK, selama memimpin Polres Kotamobagu.

  1. Kasus PETI:

Dari 8 laporan Polisi yang masuk, jajaran Polres Kotamobagu berhasil mengamankan 27 tersangka bersama barang bukti, berupa;

  • Satu unit excavator
  • Satu unit mobil tronton
  • Tujuh buah alcon
  • Empat buah mesin generator.

Dari 27 tersangka yang berhasil diamankan, 25 diantaranya berkas perkaranya telah dinyatakan lengkap (P21), sedangkan 2 tersangka lain kasusnya telah mempunyai kekuatan hokum tetap (inkra) dari pengadilan negeri (PN) Kotamobagu.

  1. Narkoba:

Selama tahun 2020, Satnarkoba Polres Kotamobagu, berhasil mengungkap 4 kasus, tersangka yang berhasil diamankan berjumlah 7 orang. Sedangkan pada 2021, 3 kasus berhasil dituntaskan dengan 11 tersangka.

  1. Korupsi:

Jajaran polres kotamobagu, yang digawangi AKBP Prasetya Sejati SIK, pada 2020 untuk penanganan kasus tindak pidana korupsi over target dimana, Polres Kotamobagu melalui unit Tipidkornya berhasil mengungkap 4 kasus korupsi melebihi target yang diberikan mabes Polri sebanyak 3 perkara. Ini merupakan pencapaian yang membanggakan bagi Polres Kotamobagu, khususnya AKBP Prasetya Sejati SIK.

Sedangkan pada 2021, 3 kasus Tipidkor ditangani Polres Kotamobagu, dengan tersangkanya 7 orang.

Kasi Humas Polres Kotamobagu, AKP Rusdin Zima, menyampaikan ini merupakan bukti keseriusan polres kotamobagu menciptakan kondisi keamanan kotamobagu yang kondusif.

“jelang akhir masa jabatannya, Kapolres AKBP Prasetya Sejati SIk menyampaikan terima kasih kepada masyarakat kotamobagu, telah berpartisipasi dalam menjaga Kamtibmas tetap kondusif,” ujarnya.

“Motobatu Kita Komintan Molukad Kon Keamanan dan Kesehatan Kotamobagu,” ucap Zima mengutip pesan AKBP Prasetya Sejati SIK

 

 

HEL