Sulteng

Wagub, Danrem 132/Tadulako dan Yahdi Basma Pimpin Rapat Evaluasi Rehab Rekon

PALU, TAGAR-NEWS.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah Drs. Mamun Amir, bersama Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, MA, Ketua DPRD diwakili Yahdi Basma, SH, memimpin jalannya Rapat Evaluasi Rehab dan Rekon (RR) Dampak Bencana 28 September 2021 lalu.

Wagub Sulteng Drs.Mamun Amir, menyampaikan bahwa sesuai kebijakan Gubernur Sulawesi Tengah bahwa Tahun 2021 ini , semua hal yang menjadi kendala dalam percepatan rehabilitasi Rehab dan Rekon Dampak Bencana 28 September 2018 harus diselesaikan.

Apalagi Gubernur sudah menepati janjinya kepada Masyarakat untuk segera mempercepat pelaksanaan rehab dan rekon.

Wagub Ma’mun , menyampaikan bahwa Gubernur sudah mengidentifikasi masalah terhambatnya pelaksanaan Rehab dan Rekon adalah terhambat pada ketersediaan lahan untuk pembangunan Infrastruktur dan Hunian Tetap Masyarakat terdampak.

Berikut putusan Gubernur untuk menyelesaikan permasalahan tersebut diantaranya, Pembebasan lahan pembangunan Jembatan IV Palu Rp. 27 M,Pembangunan Huntap Petobo , 10 M , Pembangunan Huntab Talise , 3,5 M, Pembebasan Lahan, Pembangunan SPAM Air Bersih sebesar , 2,6M ,

Kemudian Untuk Penyelesaian Permasalahan Rehab dan Rekon Kabupaten Sigi Rp. 6 M , dan untuk Kabupaten Donggala Rp, 12,150 M.

Selanjutnya Kepala BPKAD Bahran , menyampaikan bahwa alokasi anggaran untuk percepatan Rehab dan Rekon Dampak Bencana Alam sudah tersedia dan selanjutnya diharapkan agar kabupaten, Sigi, Donggala dan Kota Palu dapat segera melengkapi administrasinya dan juga disediakan anggaran pendamping .

Lebih jauh Wagub menyampaikan harapan Gubernur agar semua pihak lebih mempercepat Rehab dan Rekon agar masyarakat terdampak dapat merasakan seluruh penanganan yang dilakukan pemerintah .

Wakil Gubernur juga menyampaikan pada kesempatan itu agar Bupati dan Walikota , dapat menyampaikan usulan Prioritas yang harus dibangun didaerah masing masing untuk pelaksanaan Program 100 M , untuk setiap Kabupaten dan Kota setiap tahun melalui Program dan Kegiatan.

Wakil Gubernur juga menyampaikan Harapan Gubernur agar pihak PUPR RI dapat membangun Masjid Agung , Kantor Bupati Sigi dan Kantor Dinas BPLH dan BPBD Propinsi Sulawesi Tengah.

Dari Hasil laporan Wakil Walikota Palu dan Bupati Sigi dengan adanya dukungan Gubernur dan Wakil Gubernur dalam percepatan Pemulihan dampak Bencana sudah dapat berjalan baik dan lebih cepat sehingga Bupati Sigi dan Wakil Walikota Palu sangat berterimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur.

Damrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, MA, menyampaikan selaku ketua Satgas sangat berterimakasih atas kebijakan anggaran Gubernur untuk percepatan Rehab dan Rekon , sudah hampir 3 Tahun permasalahan ini belum dapat diselesaikan.

Olehnya dengan kebijakan Gubernur dapat kita percepat proses rehab dan rekon dampak Bencana Alam , 28 September 2018 , Damrem mengahrapkan kepada Bupati dan Walikota dapat segera lakukan Validasi Data berdasarkan titik koordinat by name by address agar masyarakat terdampak dapat terdata dengan baik dan hak hak yang akan diperoleh .

Ketua DPRD Yang Diwakili Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Yahdi Basma, SH , menyampaikan rasa bangga dengan kebijakan Gubernur untuk menyelesaikan seluruh permasalahan rehab dan rekon.

“Karena sudah masuk tahun 3 Masyatakat menunggu , selanjutnya Yahdi Basma menyampaikan agar Pembebasan Tanah Huntab Petobo dapat segera di proses diambil langkah langkah kongkrit agar percepatan pembangunan Huntab disana sudah dapat segera dilaksanakan,”beber Yahdi.

Pada Kesempatan Itu Seluruh satgas yang tergabung dalam satgas PUPR RI dalam pelaksanakan seluruh kegiatan rehab dan rekon sudah dapat berjalan dengan baik dan sebagian sudah dalam pelaksanaan, sebagian dalam proses lelang seperti Jembatan IV dan Poros jalan Sirenja , bulan Agustus 2021 sudah ditandatangani Kontrak Kerjanya.

AJI