Artikel Bolsel

Bawaslu Bolsel Awasi Tahapan Perekrutan PPK, Wira Bidjuni : Dipastikan KPU Mendapatkan PPK Yang Berkualitas

BOLSEL, TAGAR-NEWS.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongodow Selatan (Bolsel) mengawasi tahapan seleksi perekrutan calon angota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang di lakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolsel pada 6-7 Mei 2024.

PPK yang direkrut yang nantinya akan bertugas di tingkatan kecamatan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati nanti.

Saat diwawancarai ketua Bawslu Bolsel Wira Bidjuni mengatan, kami mengawasi proses rekrutnen PPK.

“Kami merumuskan alat kerja pengawasan seleksi PPK agar prosesnya transparan dan KPU mendapatkan PPK yang berkualitas,” ujarnya.

Wira berharap, PPK yang dibentuk KPU berkualitas dan tidak ada bermasalah terkait integritas, netralitas, dan tak terlibat dalam partai politik (parpol).

“Kriteria tersebut sangat penting terhadap kinerja para PPK saat bertugas melaksanakan pemungutan suara,” tegas Wira.

Disaat yang sama Marlia Lumali, Ketua Divisi Parmas, Sosdiklih, dan SDM, menambahkan, sebanyak 84 orang mendaftar per sesi, dengan 21 orang dalam satu sesi.

Seleksi dilakukan dalam dua sesi, pilihan ganda dari jam 9 hingga 11 pagi, dan sesi kedua dari jam 1 sampai jam 3 sore.

Lumali menegaskan bahwa sistem Computer Assisted Test (CAT) digunakan untuk memastikan transparansi dan keadilan dalam seleksi calon PPK.

“CAT ini benar-benar mengukur kemampuan calon PPK. Soal diacak dan berbeda setiap sesi untuk menghindari kebocoran informasi,” katanya.

Dia juga menambahkan bahwa para calon dilarang membawa ponsel selama seleksi, untuk menghindari kecurangan.

“Biarkan seleksi melalui sistem CAT ini menjadi penentu yang murni dalam menilai kemampuan calon PPK,” tandasnya.

Randi