Artikel Sulteng

Bupati Samsurizal Terima Golden Award SIWO PWI Pusat Tahun 2023

PARIGI MOUTONG, TAGAR-NEWS.com – Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu menerima penghargaan Golden Award versi Wartawan Olah Raga (SIWO) Pusat Tahun 2023 kategori Bupati Peduli Olah Raga.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Ismail Ning, di Balikpapan, Kalimanta. Timur Senin 28 Agustus 2023.

Anugerah Golden Award SIWO merupakan apresiasi tertinggi bagi insan olah raga berprestasi yang diberikan oleh SIWO PWI Pusat.

Bupati Samsurizal dinilai layak menerima penghargaan itu karena sepak terjang dalam memajukan olah raga di Kabupaten Parigi Moutong dinilai luar biasa diantaranya melalui Program Olah Raga Masuk Sekolah dan Olah Raga Masuk Desa serta kegiatan pencarian minat dan bakat olah raga bagi para murid SD dan SMP se Kabupaten Parigi Moutong yang data basenya sudah diserahkan ke KONI Parigi Moutong.

Selain itu Samsurizal juga dinilai sukses menghadirkan berbagai kegiatan olah raga bertaraf regional, nasional dan internasional diantaranya kejuaraan internasional paralayang, lomba lari marathon Equator 10 kilometer yang diikuti oleh beberapa pelari dari luar negeri, kejuaraan nasional diving, kejuaraan nasional panjat tebing dan yang terbaru pelaksanaan Babak Kualifikasi (BK) PON XXI/2024 Aceh-Sumut cabang olah raga bola voli indoor yang sukses dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong sekaligus sukses mengantarkan tim putra dan putri Sulawesi Tengah juara wilayah Sulawesi sekaligus lolos ke PON.

Bukan itu saja, pada September 2023 juga akan digelar kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) yang merupakan program Kementerian Pemuda dan Olah Raga. Kabupaten Parigi Moutong merupakan satu-satunya kabupaten di Sulawesi Tengah yang akan melaksanakan kegiatan tersebut berdasarkan keputusan dari Kemenpora.

Samsurizal juga memberikan perhatian kepada para atlet dan pelatih berprestasi, diantaranya memberikan bonus kepada para atlet dan pelatih peraih medali pada Porprov di Kabupaten Banggai, atlet dan pelatih peraih medali pada POPDA di Kabupaten Parigi Moutong dan memberikan bonus pada para atlet bola voli Sulawesi Tengah yang berhasil lolos ke PON.

Kepada wartawan Samsurizal mengatakan, apa yang dilaksanakannya selama ini adalah untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Parigi Moutong.

“Saya bekerja untuk masyarakat. Melalui beberapa program yang sudah kami laksanakan alhamdulillah telah melahirkan atlet-atlet berprestasi dari Kabupaten Parigi Moutong yang sudah lolos ke PON diantaranya dari cabang olah raga bola voli, atletik dan beberapa cabang olah raga lainnya. Alhamdulillah apa yang sudah saya laksanakan selama ini mendapat apresiasi, salah satunya dari SIWO PWI,” ujarnya

Selain itu, Ia menuturkan pelaksanaan beberapa event olah raga di Kabupaten Parigi Moutong juga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain Samsurizal, Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor dan 10 Bupati/Walikota dari beberapa daerah di Indonesia juga mendapatkan penghargaan serupa.

Selain itu, diserahkan pula penghargaan untuk kategori pelatih terbaik yang diberikan kepada Pelatih Timnas Sepakbola SEA Games tahun 2023 yang meraih medali emas pada SEA Games di Kamboja, Indra Sjafri dan tim terbaik diberikan kepada Timnas Sepakbola SEA Games peraih medali emas di Kamboja.

Sedangkan untuk kategori atlet putra terbaik diberikan kepada Verddriq Leonardo pemegang rekor dunia panjat tebing dan atlet putri terbaik diberikan kepada Janis Rosalita peraih tiga medali emas dan tiga perak cabang renang pada SEA Games 2023 di Kamboja. Untuk atlet harapan putri diberikan kepada Priska Madelyn Nugroho peraih tiga medali emas cabang tenis SEA Games 2023 Kamboja dan atlet harapan putra diberikan kepada Rahmat Erwin Abdullah peraih medali emas sekaligus pemecah rekor SEA Games 2023 di Kamboja.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kemenpora, Dito Ariotedjo secara virtual sekaligus menyampaikan sambutan, Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa, Gubernur Kalimantan Timur, Irsan Noor, para Ketua PWI dan SIWO PWI se Indonesia serta tamu undangan lainnya.*

 

Editor: Mawan