Artikel Sulut

Kadisdukcapil: Gerai Anjungan Disdukcapil Mandiri Bakal Hadir di Kotamobagu

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.com – Guna memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu akan menyediakan Mesin Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM).

Kepala Disdukcapil Kotamobagu, Roy Paputungan mengatakan, Gerai Anjungan Disdukcapil Mandiri yang ditempatkan di halaman Kantor Walikota Kotamobagu tersebut, telah lama beroperasi, namun sempat terkendala karena persoalan teknis.

“Sebenarnya sudah beroperasi tapi ada kendala teknis pertama terkait peralatan yang dikirim dari rekanan Kemendagri,” kata Roy, Kamis 27 April 2023

Lanjutnya, kendala lainnya terkait aplikasi yang digunakan sehingga proses haknya akan mengupayakan untuk kembali mengujicobakan aplikasi terbaru.

“Insyaallah minggu depan akan dicoba lagi untuk dioperasikan dengan aplikasi yang baru,” ujarnya.

Dikatakan Roy, dengan adanya Gerai ini dapat membantu masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan tanpa harus ke Kantor Disdukcapil.

“Adapun pelaksanaan Gerai Anjungan Disdukcapil Mandiri meliputi berbagai dokumen kependudukan baik pencetakan KTP, Kartu Keluarga maupun Akta dengan batasan tertentu, namun demikian prosedurnya harus  berhubungan dengan Disdukcapil,” tandasnya.

Sementara itu, Divisi Data Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kotamobagu Utara Samsul Bahri Mokoginta berharap dengan adanya Gerai ini dapat memudahkan masyarakat mengaskes data kependudukan menjelang Pemilihan Umum tahun 2024.

“Khusus Kotamobagu Utara setelah dilakukan proses Coklit Pemilu 2024, masih ada masyarakat yang belum memiliki KTP. Nah, debgan adanya Gerai ini semogah memudahkan masyarakat Kotamobagi Utara dalam pengurusan data kependudukan,” pungkasnya*