Artikel Sulut

Diusulkan 3 Fraksi DPR sebagai Penjabat Bupati Bolmong, Ini Profil Tahlis Gallang

BOLMONG, TAGAR-NEWS.com – Nama Tahlis Gallang menjadi topik pembicaraan kalangan warga Bolaang Mongondow (Bolmong) setelah namanya diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) oleh 3 (Tiga) Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmong.

Betapa tidak, Tahlis Galang salah satu birokrat Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang dinilai mumpuni memegang amanah untuk pengisian kekosongan kursi pemerintahan di Kabupaten Bolaang Mongondow pada 22 Mei 2023 mendatang.

Bagi kalangan ASN, tokoh politik, akademi, tokoh masyarakat, LSM dan Pers, nama Tahlis Galang, sudah tidak asing lagi.

Tahlis Galang adalah seorang birokrat lulusan Institusi Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan ke V.

Atas kemampuannya, tidak heran Ia dipercayakan sebagai Sekda di tiga daerah.

Yakni Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kota Kotamobagu dan saat ini menjabat Sekda di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Tahlis Galang pernah menduduki jabatan Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) tahun 2013 sampai tahun 2015, Sekda Kota Kotamobagu tahun 2015 sampai tahun 2017 dan terhitung mulai tanggal 08 Juni 2017, Tahlis Galang menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Hal itu berdasarkan SK Bupati Bolaang Mongondow Nomor 821.2/B.03/BKPP/SK/15/2017.

Dengan jabatan yang pernah ia emban tersebut, menjadikan Tahlis Gallang sebagai satu-satunya Birokrat di BMR yang pernah menjadi Sekretaris Daerah definitif di tiga Kabupaten/Kota di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Riwayat jabatan

Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) tahun 2013 – 2015.

Sekda Kota Kotamobagu tahun 2015 – 2017.

Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow (tahun 2017-sekarang).

Pada pengusulan nama di Kemendagri, tiga fraksi mengusulkan nama Tahlis Gallang sebagai Pj Bupati nanti pada 22 Mei mendatang.

Tiga fraksi yang mengusulkan nama Tahlis yakni Fraksi PKB, Fraksi Nasdem dan Fraksi PKS. **