Artikel Hukum & Kriminal Sulut

Jumat Curhat Polres Kotamobagu di Desa Tanoyan Utara

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.com – Polres Kotamobagu dan Polsek Lolayan menggelar Jumat curhat (Mopota’aw), di Des Tanoyan Utara, Kecamatan Lolalayan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kegiatan yang dilaksanakan Jumat 31 Maret 2023, Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi, SIK diwakili Kasat Intelkam AKP Jose Trisko didampingi Kasat Binmas IPTU Tommy Lalamentik, Kapolsek Lolayan IPTU Liefan Kolinug, SE dan Kanit Samapta Polsek Lolayan IPTU Agus Hamajen

Kapolsek Lolayan IPTU Liefan Kolinug SE, berjabatan tangan dengan masyarakat desa Tanoyan Utara. Foto: Polsek Lolayan.

Selain itu dari pemerintah desa Tanoyan Utara yang hadir Sangadi Desa Tanoyan Utara Hi.Elly Mokobombang, A.Md,KG, Ketua BPD,
Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat serta Masyarakat Desa tanoya Utara yang berjumlah sekitar 50 orang.

Kegiatan Jumat Curhat Polres Kotamobagu dan Polsek jajaran sebagai implementasi gerakan Semangat untuk Melayani dan Bertindak untuk Melindungi, menerima saran dan kritikan serta mendengarkan permasalahan-permasalahan terkait kamtibmas di wilayah Hukum Polres Kotamobagu.

Pada pelaksanaan Jumat curhat tersebut diawali dengan sambutan Sangadi Desa Tanoyan Utara, Elly Mokogbombang.

Ia mengucapkan terima kasih atas kegiatan Jumat curhat yang dilaksanakan Polres Kotamobagu bersama Polsek Lolayan di desanya.

“Saya sangat berterima kasih atas atensi Polres Kotamobagu dan Polsek Lolayan bisa mengadakan jumat curhat di tempat ini. Dan ini baru pertama kali dilaksanakan di Desa Tanoyan Utara,” tutur Sangadi Elly.

Kasat Intelkam AKP Jose Trisko mewakili Kapolres AKBP Dasveri Abdi, SIK menjelaskan bahwa Jumat curhat merupakan perpanjangan tangan dari tiga pilar yang berada di Desa Tanoyan Utara terkait dengan harkamtibmas diwilayah hukum polres kotamobagu.

Kegiatan Jumat curhat juga merupakan program kerja Kapolda Sulut yang mengusung tema   semangat melayani bertindak untuk melindungi.

“Kegiatan jumat curhat dimaksud untuk menampung aspirasi dan masukan dari masyarakat yang ada di desa tanoyan utara,” kata Kasat Intel AKP Jose Trisko.

Jumat curhat kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan masukan ataupun curhatan dari masyarakat terkait dengan situasi Kamtibmas.

Pada kesempatan itu, curhatan yang menonjol masih berkaitan dengan permasalahan minuman keras (miras).

Hal ini pun ditanggapi Kasat Intel AKP Jose Trisko. Ia mengatakan terkait dengan miras, ini sudah menjadi sumber dan pemicu masalah di wilayah sulut.

Ia pun mengajak mari kita menjadi polisi dalam kehidupan sendiri di kandung maksud agar tidak bertindak semena – mena.

“Jika menemukan penjual miras dilaporkan kepada sangadi, bhabinkamtibmas dan babinsa (tiga pilar) dan diberikan himbauan serta diberi peringatan terlebih dahulu,” pesannya.

Namun Kasat Intel melanjutkan, jika masih menjual segera dilaporkan kepada pihak kepolisian agar bisa diberikan tindakan sesuai dengan hukum yang berlaku dan kami akan sampaikan untuk bisa melakukan razia dan patroli diwilayah desa tanoyan utara.

Usai mendengarkan curhatan masyarakat, Kapolsek Lolayan IPTU Liefan Kolinug, SE, menyampaikan jumat curhat ini dilaksanakan di seluruh indonesia dan merupakan program kapolri guna menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat.

“Dari pertanyaan yang ada terkait dengan peredaran miras kami mohon maaf jika masih ada kekurangan dalam hal penindakan semoga kedepannya semakin baik lagi,” ucap Kapolsek Liefan.

Apabila ada permaslahan di desa segera disampaikan kepada sangadi, bhabinkamtkbmas dan babinsa agar permasalahan bisa diselesaikan tanpa harus datang ke kantor polisi.

Diakhir penyampaiannya, Kapolsek IPTU Liefan Kolinug, SE menyampaikan ucapan terima kasih dan berpamitan karena telah diberi kepercayaan mengemban tugas baru sebagai Kasat Reskrim di Polres Bolmong.

Peliput: Helmi