Artikel Sulut

Pemdes Poyowa Besar Satu Gelar Musrenbang RKPD Pemkot Kotamobagu Tahun 2024

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Poyowa Besar Satu, Kecamatan Kotamobagu Selatan, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemerintah Kota Kotamobagu Tahun 2024, Senin 16 Januari 2023.

Pelaksanaan Musrenbang dilaksanakan di Balai Desa I Bantong Poyowa Besar Satu, dihadiri Kepala Bapelitbangda Kotamobagu Adnan Massinae, Camat Kotamobagu Selatan, Kepala Desa Poyowa Besar Satu Tapri Bangol SE serta jajaran Pemdes Poyowa Besar Satu.

Musrenbang di Desa Poyowa Besar Satu

Kepala Bapelitbangda Kotamobagu, Adnan Massinae mengungkapkan bahwa pelaksanaan Musrenbang merupakan wadah untuk mengakomodir aspirasi dari tingkat desa hingga nasional.

“Tetapi aspirasi dari tingkat desa dikawal sampai ke tingkat kecamatan. Nantinya di tingkat kecamatan akan dirumuskan juga skala prioritas,” ucapnya

Selain itu kata Adnan, dalam penyusunan usulan masyarakat dan pemerintah secara berjenjang harus menyampaikan usulan yang efektif.

“Contohnya, usulan bibit kelapa. Hari ini banyak kebutuhan atas bibit kelapa muda atau kita kenal dengan simbuyung. Dari sisi efektifitas, waktu produksi dan pasarnya lebih menguntungkan hari ini. Ini hanya contoh saja,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Poyowa Besar Satu, Tapri Bangol SE mengatakan bahwa, dalam usulan Musrenbang tahun 2024 ada beberapa usulan skala prioritas yang salah satunya pembangunan fisik yang menjadi kewenangan pemerintah tingkat kota.

“Ini kami usulkan mengingat ini menjadi kewenangan pemerintah tingkat daerah,” jelas Tapri.

 

Peliput: Adriansa Bangol