Hukum & Kriminal

Apel Pengamanan Pemilihan Sangadi Serentak Kab. Bolaang Mongondow wilayah hukum Polres Kotamobagu Tahun 2022

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.com – Apel Serpas Pengamanan Pemilihan Sangadi serentak Kabupaten Bolmong, wilayah Hukum Polres Kotamobagu tahun 2022.

Apel ini dilaksanakan di Halaman Mapolres Kotamobagu, di pimpin langsung Kapolres AKBP Irham Halid SIK, melibatkan 282 personil. Rabu 2 Februari 2022.

Apel pengamanan pilsang di kab bolmong (foto: humas polres kotamobagu)

Dihadapan para personil Polres Kotamobagu, Kapolres Kotamobagu menyampaikan amanat dan arahan, sebagai berikut:

a. Mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpah ramhat karunianya sehingga kita bisa berkumpul di lapangan Apel Polres Kotamobagu untuk melaksanakan kegiatan Apel Pegeseran pasukan pengamanan Pemilihan Sangadi Kab. Bolmong pada wilayah hukum Polres Kotamobagu tahun 2022

b. Wilayah Administrasi Kab. Bolmong terdapat empat Kecamatan di wilayah hukum Polres Kotamobagu yaitu Kec. Lolayan, Kec.Passi Timur, Kec. Passi Barat dan Kec. Bilalang dimana pada empat Kecamatan ini terdapat 24 Desa yang melaksanakan Pilsang serentak pada hari Kamis tanggal 03 Februari 2022.

c. Pengamanan Polres Kotamobagu melibatkan personil Brimbob Inuai 25 orang, BKO Polres Boltim 25 orang, Kodim 1303 Bolmong 25 orang, Pleton siaga Polres Kotamobagu 125 orang, Senkom 27 orang serta Pengamanan TPS 130 orang sehingga jumlah keseluruhan 384 orang.

d. Pemilihan Kepala Desa merupakan kedaulatan rakyat secara Konstitusional yang dilindungi Undang – undang maka perlu ketegasan pengaturan agar tidak menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid 19.

e. Memberikan perlindungan dan keselamatan kepada penyelenggara Pemilihan, peserta Pemilihan dan seluruh pihak yang terkait dalam rangka memutus mata rantai penyeberan Covid 19 pada adaptasi kebiasaan baru.

f. Penekanan Kapolres Kotamobagu dalam Pengamanan Pemilihan Sangadi serentak tahun 2022 yaitu :

– Tetap menjaga dan tingkatkan Displin masing – masing Personil yang terlibat dalam kegiatan Pengamanan Pilsang.

– Dalam bertindak agar senantiasa menggunakan tindakan persuasif edukatif.

– Lakukan Penindakan hukum secara tegas, etis,simpati sesuai koridor hukum yang berlaku dan junjung tinggi hak Azasi manusia.

– Dalam pelaksanaan Pengamanan agar lakukan koordinasi dan kerjasama yang baik antar fungsi dan komponen pengamanan serta komponen potensi masyarakat di wilayah tugas masing – masing.

– Kenali lingkungan tempat tugas masing- masing dan lakukan antisipasi secara matang.

– Manfaatkan sarana dan prasarana yang ada di wilayah masing-masing sesuai kebutuhan tugas.

– Hindari hal – hal yang dapat memancing situasi yang dapat menimbulkan antipasti dari masyarakat sehingga mengganggu kelancaran pelaksanaan Pengamanan.

Kegiatan Apel Serpas Pengamanan Pemilihan Sangadi serentak Kab. Bolmong wilayah Hukum Polres Kotamobagu tahun 2022 berakhir pada pukul 08.25 wita dan ditutup dengan doa bersama dalam keadaan aman dan lancar.

Kegiatan Apel Serpas tersebut dihadiri oleh Waka Polres Kotamobagu Kompol Rina Frilya, S.I.K, Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira dan Personil yang terlibat sebanyak 282 Personil.

 

*/Helmi