Sulut

Bupati Yasti Tinjau Lokasi Banjir dan Tanah Longsor di Desa Komangaan dan Kecamatan Poigar

BOLMONG, TAGAR-NEWS.COM – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow meninjau lokasi banjir dan longsor disejumlah titik di Bolaang Mongondow (Bolmong) Sulut. Sabtu 17 Juli 2021

Lokasi yang ditinjau diantaranya, tanah longsor di jajanan korit desa Komangaan dan banjir di Kecamatan Bolaang Timur desa Lolan Dua, juga melihat langsung jembatan gantung yang putus akibat luapan air sungai.

Bupati Yasti saat melihat kondisi jembatan yang putus akibat banjir (foto: istimewa)

Selain itu, Bupati Yasti juga meninjau lokasi banjir di kecamatan Poigar di desa Nonapan satu, desa Nonapan baru, desa Wineru, desa Poigar Tiga dan Desa Mariri dua.

Saat diwawancarai di lokasi bencana, Bupati Yasti mengatakan, malam ini langsung menandatangani data penetapan warga yang terdampak banjir dan longsor. Sebab hampir semua wilayah ia sudah kunjungi.

“Sudah 80 persen wilayah yang terdampak banjir dan longsor saya sudah kunjungi dan tentu kami tau apa – apa langkah yang harus dilakukan,” katanya

Bupati Yasti mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan balai jalan, balai sungai dan balai Perkim serta Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Terkait jembatan gantung yang putus, jalan yang rusak dan rumah yang rusak akibat banjir dan longsor.

“Insya Allah, besok kita lihat semua data warga yang terdampak. Senin paling lambat mulai diserahkan bantuan kepada warga yang terdampak,” imbuh Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Yasti mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada balai jalan, balai sungai, balai Perkim dan Dinas Sosial yang saat berkoordinasi langsung ada penanganannya.

Selain itu, untuk bantuan dari Pemkab Bolmong, Bupati Yasti menyampaikan akan ada bantuan juga untuk warga yang terdampak banjir dan longsor.

“Kita bersyukur karena bencana alam ini tidak ada korban jiwa. Namun kita tetap prihatin masyarakat juga harus selalu waspada Karena cuaca memang kurang bersahabat, curah hujan sangat tinggi dalam akhir – akhir ini,” ucap Bupati.

Bupati Yasti juga menghimbau, agar masyarakat tetap waspada dan tetap menjaga lingkungan sekitar, dan jangan sembarang menebang pohon, serta membuang sampah sembarangan.

“Tadi kita sudah saksikan bersama dengan Kapolres, sungai itu meluap penuh dengan sampah, sekali lagi jangan menebang pohon sembarangan, kalau ada lahan kosong, tolong ditanami lagi. Dan jangan lagi Buang sampah di sembarang tempat,” himbau Bupati Yasti.

Tidak lupa Bupati Yasti juga menambahkan, dalam situasi ditengah Pandemi Covid-19, mari tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

“Kita laksanakan terus protokol kesehatan yakni, memaakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan yang akan mengakibatkan menularnya virus Covid-19,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Bolmong AKBP Dr Nova Irone Surentu SH MH mengatakan, agar warga masyarakat tetap waspada. Jika cuaca tidak memungkinkan, segera mencari tempat yang aman. Apalagi warga yang tinggal dekat pegunungan dan bantaran sungai.

“Saya harap juga warga tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19, jika tidak penting berdiam dirumah saja,” tambah Kapolres.

 

(DIX)