Sulut

Rakor Pemkab Bolmong bersama Timpora

BOLMONG, TAGAR-NEWS.COM – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, yang diwakili Asisten II Zainuddin Paputungan, membuka kegiatan rapat koordinasi (rakor) bersama tim pengawasan orang asing (Timpora).

Rakor tersebut digelar di Gedung aula Rahmadina, Lolak, Jumat 25 Juni 2021

Asisten II Zainuddin Paputungan menyampaikan, rakor ini dilakukan untuk menjalin komunikasi bagaimana untuk mengawasi orang asing.

Apalagi Bolmong merupakan wilayah paling banyak orang asing yang bekerja di daerah ini.

“Ya contohnya disini ada perusahaan asing yakni PT Conch North Sulawesi Cement, ada bandara nanti kedepannya dan dua dermaga yakni dermaga PT Conch dan dermaga pelabuhan Labuan uki,” kata Zainudin.

Ia pun berharap, orang asing yang akan masuk di wilayah kabupaten Bolmong, harus sesuai dengan pasport yang ada.

“Jangan sampai pasport wisata, lalu asing itu bekerja, ini yang kami tidak harapkan,” kata Zainudin.

Sementara itu, Plh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Rudinson Saragih mengatakan, kegiatan rakor timpora dilakukan setiap tahun, ini dalam rangka melakukan pengawasan orang asing yang ada di wilayah Bolmong.

“Fungsi terbentuknya timpora ini untuk saling memberikan informasi dari setiap instansi yang ada dibolmong, apalagi Bolmong merupakan daerah yang punya pelabuhan, bandara dan nanti ada Kimong kedepannya,” kata Saragih.

Selain itu jelasnya, dengan adanya Timpora ini, akan lebih bersinergi dalam melakukan pengawasan orang asing di kabupaten Bolmong.

“Sesuai program dari pusat timpora dilaksanakan setiap tahun baik dari kecamatan sampai ditingkat kecamatan,” ujar Saragih.

Diketahui Rakor dihadiri oleh Dinas PTSP, Badan Kesbangpol, Dinas Dukcapil, BIN, TNI, Polres Bolmong, BNN, Bagian Hukum, Dinas Tenaga Kerja dan dan Transmigrasi, KKP Pelabuhan Labuan Uki, Kantor Imigrasi Kotamobagu.

 

(DIX)